POPDA Sulteng 2019, Pemkab Banggai Sebagai Tuan Rumah Sukses Gelar Acara Pembukaan

Bagikan :

LUWUK, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banggai ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) 2019 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Acara pembukaan (opening ceremony) yang digelar di Alun-alun Lapangan Bumi Mutiara, Kelurahan Keraton, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Rabu (26/06), Kadispora Sulteng, Irvan Aryanto, menyampaikan laporan panitia.

Dalam laporannya, Irvan mengungkapkan bahwasanya POPDA adalah wujud nyata pembinaan olahraga, khususnya ajang seleksi atlet pelajar terbaik guna memenuhi kuota masuk ke POPNAS 2019 di Provinsi Papua.

Bupati Banggai, DR (Cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, diwakili Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo, membawakan sambutan ucapan selamat datang kepada Gubernur Sulteng, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, yang diwakili Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulteng, DR. H. Hidayat Lamakarate, M.Si; para kepala daerah Se-Sulteng, dan kepada seluruh kontingen POPDA.

Pada kesempatan ini, Mustar juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemprov Sulteng kepada Kabupaten Banggai untuk menjadi tuan rumah.

“Kabupaten Banggai siap menjadi tuan rumah yang ramah dan menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung kebutuhan dan kenyamanan dari para atlet, pelatih serta official selama bertanding dan berada di Kota Luwuk,” tegasnya.

Selain itu, Mustar juga memaparkan sejumlah keunggulan dari Kabupaten Banggai, mulai dari Gerakan Moral PINASA hingga keberhasilan meraih Piala Adipura.

“Selain gerakan moral PINASA, Kabupaten Banggai juga berhasil meraih Piala Adipura yang menuju kali ketiga,” tandasnya.

Sementara itu, Sekprov Sulteng, Hidayat Lamakarate mengapresiasi sentra olahraga, yakni PPLP dan PPLPD, yang sukses membibit atlet pelajar daerah potensial.

Ia berharap, POPDA kali ini bisa meraih dua kesuksesan, yakni sukses penyelenggaraan dan sukses pencapaian prestasi.

POPDA Sulteng 2019 yang diikuti 422 Atlet, pelatih serta official ini akan berkompetisi memperebutkan 126 medali. Dari 13 Kabupaten/kota di Sulteng, Kabupaten Morowali tidak turut berpatisipasi pada POPDA kali ini.

Opening ceremony yang diisi dengan pelepasan sejumlah balon ke udara sebagai tanda dimulainya POPDA, turut dihadiri Ketua DPRD Banggai, Dandim 1308 LB, perwakilan unsur Forkopimda, sejumlah pimpinan OPD, Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said, serta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga se-Sulteng, ini berjalan dengan sukses.(dewi/adm/release)

Bagikan :