Kolonel Inf Inget Barus : Hentikan Kerusakan Hulu Citarum, Kita Semua Harus Jadi Pelopor Perubahan.

Bagikan :

Merubah pola pikir masyarakat menjadi sasaran utama Dansektor 1 Kol Inf Inget Barus dalam menata dan mengembalikan ekosistem hulu DAS Citarum

Hal itu disampaikan kepada 120 orang warga, saat melaksanakan sosialisasi Citarum harum di Aula Desa Tarumajaya Kec Kertasari. Kamis (27/06).

Selain 120 warga, turut hadir Danramil 0907 Kapten Inf Erwin, Babinsa Desa Tarumajaya Serka Dadan, Babinkamtibmas Bripka Budiono, Plt kepala Desa Tarumajaya Rudi, RPH Wayang Windu Dadan, serta Ketua LMDH Asep Drajat.

Dalam pemaparannya, Kolonel Inf Inget Barus lebih banyak menekankan pada kondisi prilaku masyarakat, Lahan kritis dan sampah.

” Hal pertama yang harus dilakukan adalah merubah pola pikir, kebiasaan hidup kita sehari hari, kita malu apabila membiarkan sungai Citarum rusak, sebagai warga Jabar semua ikut bertanggung jawab membenahi Citarum,” Demikian disampaikan Dansektor 1 mengawali pemaparan nya.

” Persoalan sampah dihulu tidak jauh berbeda dengan diwilayah lain, sampai sungai pun penuh dengan sampah, nanti saya akan siapkan truk,, yang setiap hari akan dipakai untuk membuang sampah warga,”.

” Warga tinggal menyimpan saja sampah didepan rumah masing masing, sudah dikantongi tentunya jangan sampai tercecer, nanti ada yang mengambilnya,” Ujar Dansektor 1.

” Nanti sektor 1 akan mendapatkan Incenerator, bisa menjadi solusii awal untuk mengurangi persoalan sampah yang ada,” Tambahnya.

Terkait lahan kritis, Dansektor 1 menegaskan bahwa kerusakan lingkungan akibat penebangan liar sangat mengkhawatirkan, dampaknya sudah dirasakan warga, salah satunya longsor dan erosi dan kekeringan.

” Akibat alih fungsi hutan menjadi kebun dan banyaknya lahan kritis, maka sungai Citarum setiap tahunnya mengalami pendangkalan 15 cm,” Ujar Kol Inf Inget Barus.

” Mulai sekarang hentikan penebangan liar, mari kita hijaukan lagi hulu Citarum, kita kembalikan kejayaan sungai Citarum,” Ucap Dansektor.

Menurut Dansektor 1, program apapun akan gagal apabila tidak ada sinergitas, diharapkan semua komponen terkait tidak bekerja masing masing,” Satgas saja tidak akan bisa mengatasi persoalan yang ada, mari kita sama sama bekerja dan bekerja sama sama,” Tuturnya.

Khusus untuk Situ Cisanti, Dansektor meminta kepada warga untuk tidak lagi secara diam diam memancing ikannya,” Satgas mendapat tugas untuk mengamankan Cisanti, termasuk menjaga ekosistemnya,”.

” Untuk menjaga kelestarian Situ Cisanti dan alirannya, nanti secara bertahap akan dilakukan relokasi kepada 360 rumah,” Ungkap Dansektor 1.

Sosialisasi diakhiri dengan pembagian bahan kontak sembako untuk warga yang hadir, dan pemberian kaos sektor 1 sebagai simbolis kepada warga yang berhasil menjawab pertanyaan seputar paparan Dansektor 1.
(Rie).

Bagikan :