MULAWARMAN PEDULI “Terima Kasih Pak Babinsa Hadirkan Jamban Sehat Untuk Warga

Bagikan :
MULAWARMAN PEDULI “Terima Kasih Pak Babinsa Hadirkan Jamban Sehat Untuk Warga
Media Patriot, Sumatera. PENAJAM – Sebagai bentuk kepedulian Komando Rayon Militer (Koramil) 0913-01/Penajam Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU) terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan dan untuk mendorong masyarakat agar menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) khususnya dalam hal tidak membuang hajat sembarangan.
Kepedulian TNI kepada rakyat terbukti nyata ditunjukkan Koramil 0913-01/Penajam   dengan melaksanakan karya bakti (Karbak) perehapan jamban warga milik  bapak Robison (69 th) Wiraswasta Rt 02 Desa Sidorejo  Kecamatan Penajam Kab PPU dengan kondisi awal jamban tersebut tidak layak untuk di gunakan serta bisa membahayakan bagi kesehatan lingkungan. Kamis (27/6/2019).
Danramil 0913-01/Penajam Kapten Inf Imam S menuturkan, “Kegiatan pembuatan jamban untuk masyarakat, yaitu program berbasis masyarakat sebagai upaya menciptakan lingkungan yang sehat. TNI senantiasa siap membantu masyarakat sebatas kemampuan yang ada seperti pembuatan jamban bagi warga yang kurang mampu.
“Kegitan ini merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat. Serta, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan. Program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban,” terangnya.
Sementara itu  Kades Sidorejo menuturkan,”Semoga kebersamaan ini selalu tetap terjaga di setiap kegiatan Desa kami dan berharap agar masyarakat merasa nyaman apabila setiap kegiatan selalu ada Babinsa dan harapanya agar  jangan  diganti,”Ungkap  Muhaji selaku Kades Sidorejo.
“Jamban yang direhab ini sangat dibutuhkan oleh warga, tak hanya keluarga dari Bpk Robison saja, tetapi tetangga sekitar rumahnya juga sering menggunakan jamban tersebut. Dan  Babinsa bekerja, tanpa ada kerja sama dengan  warga maka mustahil bisa tercapai kegiatan ini, untuk itu diperlukan kerja sama ini selalu terbina dengan  baik, setiap kesulitan  maupun permasalahan kita bicarakan bersama sama ,” Kades Sidorejo.
Sementara itu, Bpk Robison mengatakan, sangat berterimakasih kepada bapak-bapak TNI yang telah membantu kami dalam merehab jamban,  “Mudah-mudahan jamban ini bisa dipergunakan dalam waktu yang lama sekaligus makin meningkatkan kesehatan kami,” ucapnya.
( rls/Pairin )
Bagikan :