ADAT ISTIADAT UNJUNGAN DI MAKAM BUYUD MUNDANG

Bagikan :

Indramayu, MPI
Masyarakat desa beramai-ramai mendatangin makam Buyut Mundang dengan kata lain Unjungan atau disebut Haul atau pesta rakyat adat Jawa, Desa Jatisawit, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Yang diselenggarakan dengan khidmat acara syukuran dengan mengadakan panggung hiburan rakyat indramayu yaitu wayang kulit tempat di Buyut Mudang, Sabtu (29/06/2019).Antusiasme masyarakat Jatisawit dalam menyambut unjungan buyut mudang, ribuan masyarakat Jatisawit datang ke tempat acara adat unjungan buyut mudang dengan membawa masing-masing tumpeng beserta lauk pauknya untuk didoakan kepada Tuhan karena keberkahan dan kelimpahan untuk masyarakat jatisawit.Wardam/tebok Kuwu Jatisawit didampingi Juru tulis Darlim, disela kesibukannya mengatakan Alhamdulilah. Saya sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat Jatisawit dan Perangkat Desa yang ikut berpartisipasi untuk ikut melestarikan adat budaya Indramayu yang tak pernah lekang oleh jaman.
“Adat dan budaya di Desa Jatisawit ini bisa jadi momentum dan keberkahan masyarakat desa jatisawit. Dengan adanya unjungan ini bisa mempersatukan memperat silahturahmi masyarakat jatisawit,” katanya disela acara.

Juga acara adat ini tidak serta merta untuk kesenangan belaka tentunya karena kita sebagai masyarakat desa juga dengan adat yang masih kental dengan adat jawanya sampai kapanpun akan dilestarikan.

“Jadi saya sebagai kuwu siap untuk melaksanakan adat tersebut. Karena sebelumnya adat sudah turun temurun dari nenek moyang kita sudah ada,”imbuhnya
Masyarakat wajib mensyukuri dengan adanya unjungan dengan mengadakan acara walaupun sederhana tentunya kita puji syukur Alhamdulilah kepada Tuhan yang maha esa. Tukasnya (Deswin Nazamudin)

Bagikan :