Pangdam: Bakti Sosial HUT Ke-69 Kodam I/BB untuk Membantu Kesusahan Masyarakat

Bagikan :
Pangdam: Bakti Sosial HUT Ke-69 Kodam I/BB untuk Membantu Kesusahan Masyarakat
Media Patriot, Sumatera. Medan – Bakti sosial yang dilaksanakan Kodam I/BB bersama seluruh satuan jajaran, adalah untuk membantu kesusahan yang dialami dan dirasakan warga masyarakat di wilayah Sumut, Riau, Sumbar, dan Kepri.
Hal ini disampaikan Pangdam Mayjen TNI MS Fadhilah saat membuka secara resmi acara puncak bakti sosial operasi katarak, operasi bibir sumbing, penyerahan kursi roda, dan bantuan kaki palsu dalam rangka HUT Ke-69 Kodam I/BB Tahun 2019 di Rumkit Tk II Putri Hijau Kesdam I/BB, Jln Putri Hijau Medan, Jumat (28/6/2019).
“Kegiatan bakti sosial ini merupakan wujud kepedulian TNI, khususnya Kodam I/BB dalam membantu kesusahan yang dirasakan warga masyarakat, di samping sebagai
bagian dari tugas pokok TNI. Yakni menjaga dan melindungi rakyat. Karena kami yakin, yang memajukan negara ini adalah rakyat,” ucap Pangdam.
Dijelaskan Pangdam lagi, kegiatan bakti sosial yang rangkaiannya telah dilaksanakan di seluruh satuan di jajaran Kodam I/BB, adalah bakti TNI  untuk memajukan bangsa. Karena sebuah bangsa yang maju, sedikitnya ada dua hal yang harus dimiliki. Yakni rakyat yang sehat dan rakyat yang pendidikannya baik.
“Karenanya, bersama institusi kemanusian yang ada, seperti Walubi, A New Vision, Dr’ Koffie, INTI, Smile Train dan Kick Andy Foundation, kita jalin kerja sama untuk membantu meringankan beban warga masyarakat.  Karena itu pula, saya sangat mengapresiasi peran aktif berbagai institusi kemanusian ini. Hati mereka sangat mulia dan darma baktinya menginspirasi kita semua untuk berbuat yang lebih baik kepada sesama anak manusia,” ucap Pangdam.
Mantan Kapuspen TNI ini mengakui, untuk urusan kemanusian, tidak hal apapun yang membatasi. Tidak pula karena Merah Putih, agama, suku bangsa, atau apapun.  Tetapi semuanya bergerak atas nama kemanusiaan untuk membantu sesama anak manusia.
“Oleh sebab itu, saya menilai kegiatan ini menjadikan rasa kita sebagai bangsa lebih terpanggil untuk berbuat yang terbaik dan menjadikan negara kita lebih maju. Saya juga mengapresiasi kepada organisasi kemanusian yang turut berpartisipasi. Semoga apa yang kita lakukan ini bernilai ibadah dan semakin menyadarkan kita untuk berbagi kebaikan terhadap sesama yang membutuhkan,” pungkas lulusan Akmil Lembah Tidar Magelang tahun 1988 ini.
Sebelumnya, Kepala Rumkit Tk II Putri Hijau Kesdam I/BB, Kolonel Ckm Dr dr Khairul Ihsan Nasution, Sp BS menyebutkan, kegiatan ini merupakan puncak rangkaian bakti sosial dalam rangka menyambut HUT ke-69 Kodam I/BB tahun 2019.
“Bakti sosial seperti ini telah dilaksanakan di berbagai jajaran Kodam I/BB. Satu di antaranya di Pulau Kampai, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, dan rangkaian kegiatan ini sebagai bukti kepedulian Kodam I/BB terhadap kesusahan rakyat,” jelasnya.
Di Rumkit Tk II Putri Hijau Kesdam I/BB, lanjutnya, dilaksanakan operasi katarak terhadap 105 pasien, operasi bibir sumbing kepada 11 pasien, pemberian kursi roda kepada 40 orang, dan penyerahan kaki palsu kepada 18 orang.
Sementara, Ketua Kick Andy Foundation, Ali Sadikin, yang mewakili yayasan kemanusian dalam kerja sama dengan Kodam I/BB ini menyebutkan, kegiatan ini memang dimaksudkan untuk kebaikan rakyat. “Kepada saudara-saudara kami yang mendapatkan bantuan, Insya Allah hari esok akan menjadi lebih baik. Karena apa yang dilakukan Kodam I/BB ini adalah niat baik untuk warganya,” ujarnya.
Ali Sadikin mengungkapkan, untuk biaya operasi katarak paling murah yang ada di Jakarta saja, sudah mencapai Rp10 juta. Bahkan untuk operasi bibir sumbing lebih mahal lagi. Bisa mencapai harga satu mobil Avanza.
“Jadi, apa yang dilakukan Kodam I/BB ini, menjadi bukti akan niat tulus untuk membantu mereka yang kesusahan. Dan bagi kami, ini menjadi kebanggaan untuk bergotong royong menyelesaikan apa yang belum diselesaikan orang lain di luar sana,” urainya.
Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bantuan kaki palsu oleh Pangdam I/BB bersama Ali Sadikin, bantuan kursi roda oleh Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hassanudin bersama Ketua Walubi, dr Indra Wahidin diwakili Tommy Wistan, dan Ketua INTI, Anwar Susanto, serta bantuan kepada penderita katarak oleh Ketua Yayasan Smile Train, dr Retno bersama Ketua Dr Koffie, dr Irwanto.
Usai penyerahan bantuan secara simbolis, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan pasien operasi katarak, dan diakhiri dengan shalat Jumat berjamaah di masjid kompleks Rumkit Tk II Putri Hijau Kesdam I/BB.
Turut hadir di acara, antara lain Kapok Sahli Pangdam I/BB, Danrem 022/PT, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, Kapendam I/BB, para Dandim jajaran Korem 022/PT dan Korem 023/KS, para Danyon BS wilayah Medan, dan Wakil Ketua Persit KCK PD I/BB bersama pengurus.
( rls/Pairin )
Bagikan :