Peralihan Tugas, Satgas Yonif 303/SSM Gantikan Yonif 144/JY di Pamtas Mahulu

Bagikan :
Peralihan Tugas, Satgas Yonif 303/SSM Gantikan Yonif 144/JY di Pamtas Mahulu
Media Patriot, Sumatera. . MAHAKAM– Sembilan bulan bertugas ratusan prajurit Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Darat, wilayah Timur di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimantan Timur, yang dipimpin Danyonif 144/JY Letkol Inf Andri Hadiyanto, berganti tugas dengan 171 prajurit Satgas Batalyon Infanteri Raider 303/SSM yang dipimpin Letkol Inf Taufik Ismail.
Kedatangan ratusan Satgas Pamtas ditempatkan di pos jaga wilayah Kampung Batu Majang, Kecamatan Long Bagun, pada pukul 15.30 Wita, disambut Asisten II Setkab Mahulu, E. Chen Tekhen Yohanes, Danyonif 144/JY Letkol Inf Andri, Perwira Penghubung Kubar/Mahulu, Mayor Inf Suli Hartoyo dan anggota Koramil 0912-03 Long Bagun, Wakapolsek Long Bagun Ipda Lengo.MK, serta petinggi dan tokoh adat Long Bagun Ulu dan Batu Majang, Kamis (27/6/2019).
Dengan kekuatan 450 prajurit dari Yonif Raider 303/SSM akan menggantikan tugas prajurit Yonif 144/JY, mengisi 22 pos dari 27 pos jaga di wilayah Mahulu dan Kabupaten Malinau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Serawak Malaysia,”ungkap Danyonif Taufik Ismail, disela penyambutan.
Dansatgas menjelaskan, khusus untuk Mahulu sendiri ada 171 prajurit yang akan mengisi di tiga sektor jaga di perbatasan yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI. Mulai dari pos jaga diwilayah sektor Kecamatan Long Bagun, Long Apari dan Lasan Tuyan yang merupakan wilayah perbatasan RI-Malaysia.
“Untuk kesiapan prajurit yang bertugas telah kita siapkan sejak Januari lalu. Mulai dari pemilihan personel dan pembekalan, sampai dengan pelatihan pratugas dan tutup dengan pemeriksaan dari tingkat Brigade hingga tingkat Mabes TNI AD telah dilaksanakan. Insyaallah semuanya sudah siap melaksanakan tugas selama 9 bulan di sektor perbatasan,” pungkasnya.
( rls/Pairin )
Bagikan :