POPDA SULTENG 2019, Kota Palu Juara Umum

Bagikan :

LUWUK, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Sulawesi Tengah (Sulteng) 2019 secara resmi telah ditutup oleh Bupati Banggai, DR (Cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, mewakili Gubernur Sulteng, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, Sabtu (29/06), DiLapangan GOR Kilongan, Kelurahan Kilongan, Kecamatan Luwuk Utara, Kabupaten Banggai.

Dengan mengusung tema dengan semangat olahraga melalui POPDA tahun 2019 kita bangkit membangun keolahragaan pelajar Sulawesi Tengah yang maju, mandiri dan berdaya saing menuju prestasi olahraga pelajar nasional dan internasional, ini Kota Palu meraih juara umum. POPDA kali ini mempertandingan empat cabang olahraga, yakni renang, karate, atletik dan volli pasir.

Kota Palu berhasil mendulang 38 medali yang terdiri dari 17 emas, 11 perak dan 10 perunggu. Kemenangan ini mengukuhkan Kota Palu sebagai peraih juara umum POPDA Sulteng untuk kelima kalinya.

“Ini merupakan kemenangan kelima yang diraih Kota Palu sebagai juara umum pada event dua tahunan POPDA Sulteng, secara berturut-turut,” ungkap Kepala Dinas P3muda dan Olahraga (Kadispora) Kota Palu, Drs. Andi Sumardi, M.Si.

Andi mengungkapkan meskipun pihaknya akan terus berusaha mempertahankan gelar juara umum, namun ia berharap bukan hanya Kota Palu saja yang bisa meraih juara umum.

“Maksudnya, Kota Palu selalu bisa menyabet gelar juara umum pada setiap event olahraga yang digelar di Sulteng. Hal ini sekiranya bisa memberikan motivasi bagi Kabupaten lain untuk bisa mengukir prestasi yang lebih baik lagi,” maksudnya.

Lebih lanjut dikatakan, kemenangan yang bisa diraih Kota Palu bukanlah keberuntungan semata. Namun, semua berkat persiapan yang ditempah sejak dari awal.

“Dalam mengikuti ajang POPDA kali ini kami telah mempersiapkan para atlet selama 4 bulan sebelum pertandingan digelar. Hal ini dilakukan agar para atlet mampu memberikan hasil yang lebih maksimal,” tuturnya.

Andi juga berharap kepada para Kadispora kabupaten lain agar sebisa mungkin mempersiapkan para atlet sedini mungkin.

“Pada rapat Kadispora se-Sulteng saya menegaskan kepada mereka agar menyampaikan kepada pimpinan masing-masing bahwa olahraga itu sangatlah penting. Prestasi yang dihasilkan dari olahraga bukan hanya membuat harum nama atlet itu sendiri, namun juga daerah dan negara. Salah satu event yang mengibarkan bendera merah putih diluar negeri adalah melalui event olahraga,” tegasnya lain.

Selain itu, ia juga menambahkan secara mental, para atlet Kota Palu masih memiliki rasa traumatis atas bencana yang menimpa Kota Palu beberapa bulan yang lalu. Namun, ia bersyukur dengan berbagai program yang digelar oleh Dispora Kota Palu, salah satunya dengan senam bersama yang digelar setiap mingguya, mampu memulihkan rasa trauma para atlet.

“Alhamdulillah dengan pengertian dan program rutin yang digelar Dispora Kota Palu mampu mengikis dan menghilang rasa trauma mereka, dan memberikan prestasi terbaiknya,” tandasnya.(dewi/adm)

Bagikan :