Tingkatkan Kehormatan Dan Kualitas Advokat, P3HI Akan Gelar Rakernas 1 Di Banjarmasin

Bagikan :

Mediapatriot.co.id — Banjarmasin — Tingkatkan kehormatan dan kualitas advokat Perkumpulan Pengacara & Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) pada pertengahan bulan Juli 2019 akan menggelar Rapat Kerja Nasional ke 1 (Rakernas I) di salah satu hotel di Banjarmasin.

Pernyataan ini langsung disampaikan oleh Ketua Dewan Kehormatan, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Pengacara & Penasehat Hukum Indonesia (P3HI), H. Aspihani Ideris, S.A.P., S.H., M.H. saat makan siang di sebuah cafe di Banjarmasin, Sabtu, (29/06/2019).

“Kemaren kami pleno di DPP, disana disepakati Rakernas I P3HI dilaksanakan pertengahan bulan Juli 2019. Mudahan-mudahan jadwal tersebut tidak mulur lagi,” ucap Advokat, Aktivis juga Dosen ini mengatakan kepada sejumlah awak media.

Aspihani mengatakan, P3HI terlahir berdasarkan UU Advokat No.18 tahun 2003. Dimana dijelaskan pada Pasal 1, Organisasi Advokat adalah organisasi profesi yang didirikan/dibentuk berdasarkan UU Advokat.

Selain itu pula dijelaskan pada Pasal 28, di.dalam UU Advokat No.18 tahun 2003 ini, Organisasi Advokat adalah satu-satunya wadah Profesi Advokat yang bebas dan mandiri yang dibentuk sesuai dengan ketentuan UU ini dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan kualitas profesi Advokat, ucap Aspihani.

Menurut Aspihani Rakernas dilaksanakan sesuai dengan amanah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) Perkumpulan Pengacara & Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) dan adanya KEPMEN KUM & HAM Nomor AHU-00015905.AH.01.07.TH 2018.

Ketua Umum, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Pengacara & Penasehat Hukum Indonesia (P3HI), Ya Muhammad Muhajir, S.Pd., S.H. mengatakan, Rapat Kerja Nasional Ke 1 (Rakernas I) yang akan dilaksanakan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas rekrutmen advokat. 

Ia mengatakan, dalam Rakernas P3HI nanti akan membuat program-program P3HI kedepan, “Rakernas ini tentunya akan melahirkan ide-ide dalam meningkatkan kualitas rekrutmen semakin tinggi organisasi advokat P3HI, termasuk diantaranya meningkatkan kualitas Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA),” ujar Muhajir saat ditemui oleh awak media ini di sebuah cafe di Banjarmasin, Sabtu (29/06/2019).

Menurut Muhajir, Rakernas yang akan dilaksanakan akan dihadiri sekitar 100 orang pengurus tingkat nasional, daerah dan cabang, serta tidak kurang dihadiri 150 anggota P3HI yang tersebar di seluruh Indonesia.
 
Dalam acara Rakernas nanti, P3HI akan mengundang Ketua Mahkamah Agung, Ketua Mahkamah Konstitusi, Jaksa Agung, Kapolri, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi dan Menteri Hukum dan Ham Republik Indonesia serta juga pejabat instansi pemerintah lainnya, terkhusus yang berada di wilayah Kalimantan Selatan.

“Rakernas I ini bertajuk, melalui P3HI akan mewujudkan kehormatan, kemandirian dan profesionalisme Advokat Indonesia dalam menjalankan tugas mereka berdasarkan Undang-Undang No. 18 tahun 2003 tentang Advokat (UU Advokat),” tutur Muhajir.

Selain itu pula, Muhajir memaparkan, dalam Rakernas Ke 1 nantinya, semua peserta punya hak suara dalam merumuskan program-program P3HI kedepan dan mereorganisasi P3HI serta memantapkan Ad-ART P3HI sebagai pegangan anggota Advokat dari P3HI sendiri.

Senada juga, Sekretaris Dewan Kehormatan DPP P3HI Dr. Andin Rusmini, AMd., KEB., S.H., M.H. mengatakan, dirinya bersama rekan-rekan advokat yang tergabung di organisasi profesi advokat “Perkumpulan Pengacara & Penasehat Hukum Indonesia (P3HI)” ini akan membesarkan organisasi.

“Walaupun Perkumpulan Pengacara & Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) ini baru lahir, kami akan buktikan, P3HI merupakan organisasi profesi advokat yang berkembang, profesional, terhormat dan berkualitas”, kata Andin menegaskan saat diminta tanggapannya oleh awak media ini lewat Whatsapp nya, Sabtu, (29/06/2019).

Menurut Dosen Hukum di beberapa Perguruan Tinggi ini, dengan Rakernas P3HI yang akan dilaksanakan nantinya, kita akan tunjukkan bahwa P3HI merupakan sebuah organisasi yang profesional, “P3HI sudah beberapa kali melaksanakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) dan Ujian Profesi Advokat (UPA) gelombang Ke-3 dari organisasi advokat dengan materi beberapa materi yang disampaikan”, ujar Andin.

Dalam PKPA dan UPA yang sudah berjalan, oleh P3HI memberikan materi diantaranya tentang 1). Sejarah dan Kode Etik Profesi Advokat, 2). Legal Audet, Legal Opiniun, Due Diligence, Legal Reasoning, 3). Implementasi Hukum Islam, 4). Upaya Hukum dan Eksekusi, 5). Hukum Acara Pidana dan Acara Perdata, 6). Hukum Acara PTUN, 7). Hukum Acara Pengadilan Hubungan Industrial, dan 8). Praktik Peradilan Semu, ucap Andin.

“Saya dan rekan-rekan akan menunjukkan bahwa P3HI adalah organisasi Advokat yang solid dan akan terus meningkatkan kualitas anggota-anggota, dan menjadikan seorang advokat yang menjunjung tinggi hukum serta bertindak sesuai dengan kode etik advokat”, tegasnya.

Andin juga menegaskan, P3HI akan terus menelurkan generasi-generasi baru advokat, melalui pelaksanaan PKPA P3HI dan memberikan pembekalan yang layak untuk calon-calon advokat dimasa mendatang. “Saya ucapkan Sukses untuk acara Rakernas P3HI nantinya,” pungkasnya.(fri)

Bagikan :