Tutup POPDA Sulteng 2019, Bupati Promosikan Festival Pulo Dua

Bagikan :

LUWUK, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Bupati Banggai, DR (Cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, atas nama Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, secara resmi menutup kegiatan Pekan Olah Raga Daerah (POPDA) Sulteng 2019, Sabtu (29/06), yang digelar di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, 26-29 Juni 2019.

POPDA Sulteng mempertandingkan empat cabang olahraga (cabor) masing masing renang, karate, atletik dan volly pasir.

Sebelum menutup POPDA, Herwin berkesempatan menyaksikan langsung laga final cabor voli pasir putra antara tim voly Parigi Moutong Vs Kota Palu yang dimenangkan Tim Parigi Moutong. serta voly pasir putri antara tim Banggai Vs tim Buol yang dimenangkan tim tuan rumah.

Dalam sambutannya, Herwin, menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng yang telah menunjuk dan mempercayakan Kabupaten Banggai sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan POPDA Sulteng 2019.

Lebih lanjut dikatakan, semangat yang ditampilkan para atlet dari berbagai daerah dan kota Se-Sulteng pada PODA kali ini sangat luar biasa. Dengan semangat tersebut ia meyakini dan percaya altet-atlet daerah Sulteng kedepannya akan semakin berprestasi di level yang lebih tinggi baik Nasional maupun Internasional.

“Melihat semangat yang ditunjukkan para atlet pada POPDA kali ini saya meyakini dan percaya kedepannya para atlet kita (Sulteng, red) mampu mengukir prestasi yang lebih baik lagi, baik ditingkat nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan digelarnya event olahraga secara bergilir di Kabupaten/Kota Se-Sulteng sebagai tuan rumah pelaksanaan Popda, baik Popwil maupun non Popwil akan memotivasi para atlet untuk meningkatkan prestasi khususnya atlet atlet muda.

Selain itu, Herwin juga menyampaikan terima kasih dan permohonan maaf bilamana dalam pelaksanaan kegiatan masih banyak kekurangan, terutama venue pertandingan.

“Selaku tuan rumah kami meminta maaf apabila dalam pelaksanaan kegiatan masih banyak kekurangan, terutama venue Pertandingan. Namun kami optimis bila diberikan waktu untuk penyelenggaraan kegiatan sekiranya tiga bulan kedepan, maka penyelenggaraan Popda ini akan lebih maksimal dan semua venue akan lebih memenuhi standar,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Herwin juga megundang sekaligus mempromosikan perhelatan akbar berskala nasional yang akan dilaksanakan di Kabupaten Banggai Juli mendatang, yakni Festival Pulo Dua.

“Dengan dilaksanakannya festival tersebut akan semakin menambah destinasi wisata yang tentunya akan membanggakan Sulteng,” pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, Herwin didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulteng, Drs. Irvan Ariyanto, menyerahkan trofi kepada juara Umum Popda 2019 yakni Kota Palu. Kota Palu menjadi juara umum dengan mendulang 17 emas, 11 perak dan 10 perunggu. Perolehan signifikan medali oleh kontingen Kota Palu melalui cabor renang dengan menyapu bersih 8 emas pada 8 nomor yang dipertandingkan.

Peringkat kedua tuan rumah, Kabupaten Banggai dengan 9 emas, 4 perak dan 7 perunggu. Di urutan ketiga ditempati Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) dengan 3 emas, 2 perak dan 2 perunggu.

Sementara itu, Kadispora Sulteng yang juga merangkap sebagai ketua panitia pelaksana, Drs. Irvan Ariyanto, mengapresiasi Pemkab Banggai yang telah membantu dan menyukseskan POPDA Sulteng 2019.

“Kami sangay mengapresiasi usaha dari Pemkab Banggai yang telah membantu dan menyukseskan event dua tahun sekali, POPDA Sulteng 2019. Tetap mengikuti kegiatan ditengah keterbatasan yang ada. Berikutnya POPDA akan digelar di Kabupaten Morowali,” tandasnya.

Penutupan POPDA non Popwil yang dilaksanakan di GOR Kilongan tersebut turut dihadiri Anggota Komisi I DPRD Sulteng, Hj. Vera Rompas Mastura; Kapolsek Luwuk, Kompol Salmon; Kadispora Banggai, Sofyan Lalusu, SE, Msi; Para Kadispora Kab/Kota Se-Sulteng, dan sejumlah pimpinan OPD Banggai serta undangan lainya.(dewi/adm/release)

Bagikan :