Upacara Api Unggun Tutup Perkemahan Saka Wira Kartika

Bagikan :
Upacara Api Unggun Tutup Perkemahan Saka Wira Kartika
Media Patriot, Sumatera. SAMARINDA. Dalam kegiatan malam terakhir perkemahan Persami Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) yang di pusatkan di  Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Kaltim-Kaltara tepatnya di Yonif 611/Awang Long Jl. Soerkarno-Hatta desa Loa Janan Ulu Kec. Loa Janan Kab. Kutai Kartanegara, Minggu (30/6/2019).
Di ketahui Perkemahan terpusat yang berlangsung mulai tanggal 28 hingga 29 Juni 2019. Diikuti 26 Sangga putra dan sangga putri dari Anggota Saka Wira Kartika binaan 13 (Tiga Belas) Korcab Kodim yang berada dibawah wilayah Korem 091/ASN.
Kegiatan Api unggun merupakan sebagai tanda semangat pijar membara semangat pemuda anak negeri, dan prosesi penyalaan api unggun didahului dengan pembacaan Tri Satya dan pengucapan Dasa Darma Pramuka.
Ketua harian Saka Wira Kartika Korem 091/ASN Kolonel Arh Jamaludin Malik diwakili Pasi Bin Wanwil Ster Rem 091/ASN Kapten Inf Sarjito Mengatakan “Dengan telah dinyalakannya api unggun tersebut, pertanda bahwa kegiatan padat adik-adik peserta perkemahan saat siang hari, diakhiri dengan upacara dan penyalaan api unggun”.
“Tujuan kegiatan pramuka yang sebenarnya sangatlah mulia yakni untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku”, jelasnya.
Dengan begini maka akan diperoleh suatu anggota pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana. Selain itu juga akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga kita para generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.
Saya berpesan kepada adik-adik saya agar Pramuka dapat mengubah pandangan hidup yang lebih baik lagi, karena semua mimpi yang kita harapkan bisa terwujud jika kita menjadi seseorang yang bijaksana dan lebih baik dari sebelumnya.
Adik-adikku tetaplah kokoh dalam pendirian, sekokoh pioneering, Eratkan tali persaudaran yang tak mudah dilepaskan, bagaikan simpul mati, kobarkan semangatmu, bagaikan kobaran api unggun,tetap berguna dan bermanfaat di masyarakat, seperti cikal yang terpatri di dada kalian .
( rls/Pairin )
Bagikan :