Dansektor Pembibitan Adakan Bimtek Lapangan Perbaikan Konservasi Lahan Berbasis Tanaman Holtikultura.

Bagikan :

Bandung. Berbagai upaya dilakukan Dansektor Pembibitan Kolonel Inf Choirul Anam untuk bisa menyelamatkan lahan kritis di Hulu DAS Citarum.

Dengan menggandeng Dinas Pangan dan Holtikultura Prov Jabar, Dansektor mengadakan Bimtek untuk para petani penggarap dan warga di Pembibitan Cikembang Desa Cikembang Kec Kertasari. Kamis (4/07).

Bimbingan Tekhnis perbaikan konservasi lahan berbasis tanaman holtikultura dihadiri oleh, Ir Ujung Gumilar Kabid Tanaman Holtikultura, Herniningsih Sp.Mp Kasie Buah dan Tanaman Hias, Dr Hary Dosen Unpad, dan Dr Achmad Syarmidji dari ITB.

” Bimbingan Tekhnis ini sangat bagus dan bermanfaat buat warga dan petani, ini adalah contoh dari apa yang sudah kita kerjakan,” Ujar Kolonel Inf Choirul Anam.

” Satgas akan fokuskan di lereng yang curam di blok Wayang Windu, disana setiap hari kami kontrol sambil membawa botol infus untuk menyiram pohon yang sudah ditanam,”.

” Kami sudah lakukan berbagai sosialisasi, yang dilanjutkan dengan evaluasi, malah saya sebagai Dansektor memberikan penghargaan kepada 10 petani kopi terbaik, dari 1700 kopi yang ditanam, tidak ada yang mati,” Ungkap Dansektor.

” Kita kontrol, berapa tingkat kematian pohon nya, kalau dari 1700 yang mati 5 pohon, kita masih berikan toleransi, tapi apabila sudah diatas itu, saya akan panggil secara khusus, berarti kopinya kurang perawatan,” Tegas Dansektor.

” Setiap petani penggarap, itu mempunyai perjanjian, saya sudah tanda tangani 300 lembar perjanjian dengan PTPN, dari 600 lebih petani penggarap, Insha Allah semua akan mempunyai surat perjanjian,”.

” Termasuk Bimtek ini, adalah upaya bagaimana saya selaku Dansektor mendorong warga dan petani penggarap untuk mempunyai penghasilan lebih, asal pola tanamnya sesuai dengan aturan,” Tutur Kol Inf Choirul Anam.

Menurut Dansektor, harus ada perjuangan untuk bisa berubah,” Semua harus berjuang, ini samua demi masyarakat hulu DAS Citarum, satgas hanya mengarahkan dan mengawasi, kehidupan petani semakin sejahtera, tapi hulu DAS Citarum terutama Wayang Windu menjadi Hijau,”Pungkas Dansektor Pembibitan.

Acara Bimtek Perbaikan Konservasi Lahan Berbasis Tanaman Holtikultura, diakhiri dengan melakukan penanaman pohon bersama, semua peserta dan undangan melakukan penanaman bibit pohon.
(Rie).

Bagikan :