Dansektor Pembibitan Kolonel Inf Choirul Anam Ajak Komunitas Kijang Jabar Hijaukan Hulu DAS Citarum.

Bagikan :

Kab Bandung. Dansektor Pembibitan Kolonel Inf Choirul Anam ajak Komunitas Kijang Jabar untuk ikut peduli dan hijaukan lahan kritis yang berada di hulu DAS Citarum.

Hal itu disampaikan Dansektor Pembibitan pada acara Halal Bihalal komunitas kijang Jawa Barat di lapangan Kertasari Kabupaten Bandung. Sabtu (6/07).

Tampak hadir Muspika Kec Kertasari, Ketua Komunitas Kijang Jabar Enjang Dahlan Ramdani beserta rombongan, Para Kepala Desa, MUI Kertasari, Tokoh Masyarakat dan Pemuda.

Dalam sambutannya, Dansektor Pembibitan mengucapkan terima kasih kepada para anggota komunitas yang sudah peduli dengan Citarum Harum.

” Satgas Citarum berada di Kec Kertasari ini bukan untuk menguasai lahan yang ada, tapi kita membenahi kondisi dihulu DAS Citarum, jangan sampai anak cucu kita nanti bertanya ‘ Dimana Hutan Kita’,” Ujar Dansektor Pembibitan.

” Perlu diketahui bahwa kegiatan satgas Citarum harum disini adalah kita mengupayakan bagaimana warga bisa menanam dengan pola tumpang sari secara benar,”.

” Sayuran masih ditanam oleh warga sebagai petani penggarap, dan kopi juga harus ditanam sebagai penguat lahan, aturannya setiap tiga meter sayuran, kopi dan pohon keras satu meter, begitu seterusnya,”. Ungkap Kolonel Inf Choirul Anam.

” Harapan kita nanti kedepannya, warga bisa menikmati hasil panen dari kopi, karena nanti kedepannya disini akan dibangun pabrik kopi,” Tuturnya.

Menurut Dansektor, ketika kita berani mengarahkan warga untuk menanam kopi, kita juga harus bertanggung jawab atas penjualannya.

” Malahan nanti bersama Ketua Komunitas Kijang Jabar akan meluncurkan kopi Citarum harum, produk Kertasari, penjualannya bukan hanya Nasional tapi Internasional, dan ini akan menjadi kebanggaan warga Kertasari,” Pungkas Dansektor Pembibitan.

Selepas sambutan dan ramah tamah, Dansektor beserta Ketua Komunitas Kijang dan anggota langsung melakukan penanaman bibit pohon Kisirem, Ekaliptus dan Rasamala di blok Cirawa.
(Rie).

Bagikan :