Fashionlink x #BLCKVNUE Hadirkan Instalasi Seni Untuk Kepedulian Lingkungan

Bagikan :

Mediapatriot.co.id –Jakarta — Jakarta Fashion Week (JFW), Fashionlink x #BLCKVNUE telah memperkenalkan Curated multibrand pop up store selama tiga tahun berturut-turut. Bentuk kepedulian fashionlink x #BLCKVNUE hadir dalam instalasi seni yang di perkenalkan pada konferensi pers, Selasa (09/07/2019) di Senayan, Jakarta.

Toko yang berlokasi di lantai dua pusat perbelanjaan bergengsi Senayan City dan berukuran sebesar 738 meter persegi ini menampung puluhan label desainer nasional berbakat, tidak hanya menjalankan industri mode saja melainkan turut melakukan misi-misi sosial terhadap lingkungan sekitar.

“Fashionlink x #BLCKVNUE turut berperan sebagai community center untuk komunitas JFW sehingga dapat menawarkan konsep instalasi selain untuk meningkatkan interaksi dengan pengunjung juga dapat digunakan sebagai konservasi satwa.” ungkap Director JFW, Lenni Tedja

Kemudian turut hadir Hendro Hadinata yang merupakan desainer muda untuk instalasi interaktif yang diberi nama NUR Project ini terdiri atas tiga jenis yaitu Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus), Harimau Sumatera (Panthera tigris sondaica), dan Hiu Paus (Rhincodon typus).

“Sebuah art installation project ini bertujuan mengikis ketidakpedulian atas kurangnya rasa ingin tahu masyarakat terhadap fauna yang terancam punah. Harapannya, melalui objek yang kekinian seperti ini, kepedulian masyarakat nantinya akan terpanggil dan menjadi tindakan nyata untuk perlindungan satwa,” ujar Hendro.

Koleksi tersebut pun diwujudkan oleh Savana Funiture yang merupakan produsen high end furniture – upholstery. Sejak tahun 2000, Savana terus berkembang melalui pembuatan sofa, loose furniture, fixed furniture, kini merambah ke instalasi seni.

“Proyek ini bagi kami sangat menarik, misalnya badak yang strukturnya terinspirasi baju zirah, harimau dan hiu paus yang menggantung ringan dari plywood membuat kami mengeskplorasi banyak bentuk-bentuk baru. Semoga karya kami dapat menunjang program JFW dan WWF-Indonesia dalam melestarikan satwa langka” ujar Kanti Panjaitan dari Savana Furniture.

Proyek ini pun disambut baik oleh WWF-Indonesia karena merupakan langkah inovatif dalam menggabungkan industri.kreatif dan konservasi. Sebagai langkah nyatanya, Fashionlink x #BLCKVNUE selama periode program WWF-Indonesia akan mendonasikan Rp. 20.000,- per transaksi di toko tersebut.

“Kolaborasi fashion, interior design serta seni instalasi dan konservasi di harapkan dapat meningkatkan kesadaran pelaku industri dan peminat produk industri kreatif akan pentingnya penerapan praktik bisnis yang berkelanjutan di Indonesia” ujar Direktur Kemitraan WWF-Indonesia, Ade Swargo Mulyo. (mcl)

Bagikan :