Upacara HUT Bhayangkara Ke-73, Kapolda Sulteng Bacakan Amanat Presiden

Bagikan :

PALU TIMUR, PALU, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Peringatan Hari Bhayangkara terkait erat dengan terbitnya Penetapan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 1946. Melalui penetapan tersebut, Jawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ditetapkan menjadi jawatan tersendiri, yang langsung berada di bawah Perdana Menteri atau Presiden, selaku Kepala Pemerintahan.

Peristiwa yang terjadi pada 1 Juli 1946 ini juga menjadi momentum meleburnya berbagai elemen kepolisian kedalam satu institusi kepolisian yang bersifat nasional.

Pada hari ini, Rabu (10/07), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) secara serentak melaksanakan parade upacara dan syukuran HUT Bhayangkara ke-73.

Sebelumnya, berbagai kegiatan telah dilaksanakan Polri dan jajarannya, termasuk Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk menyemarakan HUT Bhayangkara yang meliputi pembinaan tradisi, pengabdian Polri kepada Masyarakat, lomba-lomba dan sarasehan.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulteng, Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, pimpin upacara yang dihadiri Danrem 132 Tadulako, Kolonel Inf Agus Sasmita; Sekdaprov Sulteng, Drs.Moh.Hidayat Lamakarate, M.Si; Wakapolda Sulteng, Kombes Pol Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso, SH, M.Hum, Forkopimda, para Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng, Ketua Bhayangkari Daerah Sulteng, Ny.Yanti Lukman Wahyu, para purnawirawan Polri/Warakawuri dan tamu undangan lainnya.

Bertindak selaku komandan upacara, AKBP Bagus Setiawan, SH, SIK, yang kesehariannya
menjabat sebagai Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Sulteng dengan susunan pasukan yang terdiri dari tujuh kompi.

Kompi I upacara merupakan gabungan peleton Pamen dan peleton Pama yang dipimpin oleh Kabagbinopsnal Ditlantas Polda Sulteng, AKBP Bangun Isworo, SH.

Kompi lI upacara terdiri dari gabungan peleton Polwan dan peleton Staf Mapolda Sulteng dipimpin Kanit 1 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Sulteng, AKP Hj. Dharmawati.

Kompi III upacara yang dipimpin Wakil Kepala Detasemen Gegana Satbrimob Polda Sulteng, AKP M.llyas, A.Md.Kom, terdiri dari 3 peleton Satbrimob Polda Sulteng.

Kompi IV upacara adalah gabungan peleton Ditsamapta dan Ditpolair Polda Sulteng yang
dipimpin Kaurkeu Ditsamapta Polda Sulteng, AKP I Gusti Putu Suryanta.

Kompi V upacara merupakan gabungan peleton Ditlantas, Ditbinmas dan Ditpamobvit Polda Sulteng dipimpin oleh AKP Suriadi, SH, MM, yang menjabat sebagai Kasi Sim Subdit Regident Ditlantas Polda Sulteng.

Dan Kompi VI upacara yang terdiri dari gabungan peleton Ditreskrimum,Ditreskrimsus dan Ditresnarkoba Polda Sulteng dipimpin Kanit 3 Subdit IlI Ditreskrimum Polda Sulteng AKP Gustam Aras.

Sedangkan Kompi VII upacara terdiri dari gabungan peleton Ditintelkam dan ASN Polda Sulteng.

Kapolda Sulteng selaku Inspektur upacara dalam sambutannya membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Ir.Joko Widodo.

“Kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik,” bacanya.

Lebih lanjut Kapolda menyampaikan bahwa Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Ban Annual Meeting 2018.

Selain itu, Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

“Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019,” paparnya.

Pada momen upacara yang berlangsung dengan khidmat tersebut, sebanyak 33 (Tiga Puluh Tiga) Personel Polda Sulteng dan jajaran mendapatkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya.

“Bintang Bhayangkara Nararya diberikan kepada anggota Polri yang telah bertugas selama 24 tahun, berjasa besar dengan ketabahan luar biasa yang disumbang kan kepada Kepolisian dan tidak pernah cacat selama di Kepolisian,” tegas Kapolda.

Salah satu personel yang mendapat tanda kehormatan tersebut adalah Komisaris Polisi Sugeng Lestari, yang kesehariannya menjabat sebagai Kasubbidpenmas Bidhumas Polda Sulteng.

Selesai upacara kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran yang dilaksanakan di Gedung
Torabelo Polda Sulteng.(dewi/adm/release)

Bagikan :