Bhabinkamtibmas Kayamanya Sentral Polres Poso Raih Juara Nasional Lomba Bhabinkamtibmas

Bagikan :

PALU TIMUR, PALU, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Kayamanya Sentral, Kepolisian Sektor (Polsek) Poso Kota, Polres Poso, Polda Sulawesi Tengah (Sulteng), Bripka Mohammad Syaiful, SH, berhasil mengukir prestasi ditingkat nasional.

Bripka Syaiful menyabet juara pertama Lomba Bhabinkamtibmas tingkat nasional tahun 2019 yang digelar oleh markas besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara Ke- 73, 01 Juli 2019.

Hal ini diungkapkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulteng, Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, melalui Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Didik Supranoto, Kamis (11/07).

Disampaikan, mewakili Polda Sulteng, Bripka Syaiful sebelumnya telah mendapatkan penghargaan dari Kapolda Sulteng dan Kapolres Poso atas kinerjanya tersebut.

Dalam lomba Bhabinkamtibmas tingkat nasional ini ada beberapa hal yang menjadi indikator penilaian, indikator kinerja Bhabinkamtibmas yang ditunjukan dari jumlah penyelesaian kasus, pembuatan laporan informasi dan pembuatan laporan Door To dor System (DDS).

Selain itu, indikator inovasi Bhabinkamtibmas seperti inovasi bidang pendidikan, pertanian serta kegiatan bimbingan masyarakat (Binmas) pioneer yang dimana Bhabinkamtibmas membuat Video pendek tentang kinerjanya di wilayahnya.

Dalam lomba tersebut juga dilakukan tes tertulis dan tes wawancara kemampuan pengetahuan Bhabinkamtibmas yang meliputi pemahaman dan penanggulangan tentang konflik sosial, radikalisme, narkoba, kenakalan remaja, penanganan bencana, penggalangan masyarakat/toga, tomas, dan pemahaman negosiator serta program pemerintah yang
menjadi tanggung jawab Bhabinkamtibmas.

Tim penguji lomba Bhabinkamtibmas tingkat nasional ini pun merupakan tokoh yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam bidangnya. Antara lain dari kepolisian yang diwakili oleh Kabaharkam Polri, Komjen Drs. Moechgiyarto, SH, M.Hum dan Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol. Drs. Widiyarso Herry Mibowo, pakar polmas, pakar konflik sosial, pakar komunikasi, pakar radikalisme dan
terorisme.

“Alhamdulillah, semua Penilaian dan tes berjalan dengan lancar sehingga mendapat peringkat pertama. Atas prestasinya tersebut Bripka Syaiful, SH, di berikan penghargaan sebagai Bhabinkamtibmas terbaik seluruh Indonesia mengalahkan Bhabinkamtibmas Polres dari 34 Polda se-Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan prestasi ini merupakan hal yang sangat membanggakan bagi Polda Sulteng dan Polres Poso. Bhabinkamtibmas terbaik tingkat nasional telah di undang khusus untuk mengikuti upacara hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara Ke-73 di Jakarta.

Penghargaan tersebut, lanjutnya, diberikan oleh Kapolri, Panglima TNI dan Mendagri dihadapan Presiden RI pada acara syukuran HUT Bhayangkara 73 Tingkat Mabes Polri.

“Selain penghargaan berupa pin emas, kepada Bripka Syaiful juga diberikan penghargaan berupa promosi Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) T.A 2020, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Kapolri Nomor Kep/1213/VII/2019 tanggal 5 Juli 2019,” tutupnya.(dewi/adm/release)

Bagikan :