HLUN 2019, Wabup Banggai “Memasuki Lansia Harus Tetap Produktif”

Bagikan :

BANDUNG, JAWA BARAT, mediapatriot.co.id_Puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2019 dipusatkan di Monumen Perjuangan Rakyat, Jalan Dipatiukur Lebakgede, Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/07), dihadiri ribuan lansia (lanjut usia).

Dengan mengusung tema “Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat”, Wakil Bupati Banggai yang juga menjabat sebagai Ketua Lansia Banggai, Drs. H. Mustar Labolo, turut menghadiri puncak peringatan yang disemarakkan dengan karnaval dan penampilan artis senior Kota Bandung, Bimbo.

Mustar mengungkapkan dalam sambutan Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan menjadi lansia bukan berarti sepi dari aktivitas. Dan usia bukanlah menjadi kendala bagi seseorang untuk tetap produktif.

“Banyak orang yang mencapai kesuksesan justru saat baru memulai pekerjaannya diusia lanjut. Dengan bertambahnya usia, para lansia harus tetap beraktivitas seperti biasa, agar tubuh dan pikiran tetap segar,” kutipnya.

Lebih lanjut Mustar mengatakan bahwa Hari Lansia diperingati setiap tanggal 29 Mei. Namun, dalam perayaan peringatannya waktunya dapat disesuaikan.

“Untuk peringatan Hari Lansia ke 23 tahun 2019, Provinsi Jawa Barat diberikan amanah sebagai tuan rumah penyelenggara puncak peringatan Hari Lansia nasional,” tambahnya.

Selain itu, dalam arahannya Mensos menegaskan bahwa diperlukan sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung dan membuktikan bahwa Lansia dapat berkarya untuk masyarakat dan negara Indonesia.

“Menjadi tua adalah satu keniscayaan dan merupakan suatu berkah. Namun, memasuki masa lansia bukan berarti kita menjadi tidak produktif dan bergantung kepada orang lain. Diusia lansia kita harus tetap semangat, mandiri, serta dapat menjadi teladan bagi yang muda,” tandasnya.

Dalam puncak peringatan HLUN 2019 Kementerian Sosial RI memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh nasional peduli lanjut usia.(dewi/adm)

Bagikan :