HUT Bhayangkara Ke 73, 42 Personil Polri Jajaran Polda Sulteng Terima Penghargaan

Bagikan :

PALU TIMUR, PALU, SULAWESI TENGAH, Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 73 tahun 2019, 42 personil Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) menerima penghargaan atas prestasi yang telah ditorehkan.

Penghargaan ini diserahkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulteng, Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, Rabu (10/07), dalam acara syukuran HUT Bhayangkara Polda Sulteng, di Gedung Torabelo Mapolda Sulteng.

Acara yang diawali dengan pembacaan amanat Kepala Kepolisian RI (Kapolri), Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, ini Kapolda mengungkapkan bahwasanya Polri bersyukur karena sampai dengan saat ini Polri tetap survive melaksanakan tugasnya sebagaimana diatur undang-undang.

Lebih lanjut, Kapolda menyampaikan Polri saat ini memiliki anggota berjumlah 446.873 personel yang tersebar di 34 Polda di 34 Provinsi, 461 Polres di 514 Kabupaten/Kota, serta 4.872 Polsek di 7.201 Kecamatan.

Kapolda menegaskan Polri bersama-sama dengan TNI dan komponen-komponen bangsa lainnya menjadi pilar keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, Kapolda mengatakan berbagai perbaikan telah dilaksanakan Polri dalam tifa tahun terakhir melalui program promoter.

“Berbagai perbaikan dilaksanakan Polri dalam 3 tahun terakhir melalui Program Promoter dititikberatkan pada 3 kebijakan utama, yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan manajemen media,” tandasnya.

Usai menyampaikan amanat Kapolri, Kapolda didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Sulteng melakukan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada personel Polri perwakilan anggota tertua dan yang termuda.

Dalam acara syukuran dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada 42 personel Polri yang berprestasi, diantaranya AKBP Amin Rovi, SH, beserta 11 anggotanya; AKBP P Sembiring, SIK, beserta 17 anggotanya, Bripka Mohammad Syaiful, SH, dan Briptu Akyko Micheel.

Kapolda menguraikan AKBP Amin Rovi, SH, yang menjabat sebagai Kasubdit II Jatanras Ditreskrimum Polda Sulteng, beserta 11 anggotanya diberikan penghargaan atas prestasi mengungkap pelaku pembunuhan, pencurian, dan pembobolan mesin ATM yang menyebabkan kerugian besar.

AKBP P. Sembiring, SIK, yang menjabat sebagai Kasubdit Ill Ditresnarkoba Polda Sulteng, beserta 17 anggotanya dianugrahi penghargaan atas prestasinya pada tahun 2018 dan 2019.

Pada tahun 2018 Ditresnarkoba Polda Sulteng berhasil mengungkap dan mengamankan 1,80 Kilogram Narkotika jenis Shabu, 992 butir Pil PCC, 30 butir Pil Extasi. Sedangkan di tahun 2019 berhasil mengungkap dan mengamankan 5,315 Kilogram Narkotika jenis Shabu.

Sedangkan Bripka Mohammad Syaiful, SH, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kayamanya Sentral, polsek Poso Kota, Polres Poso, berhasil menjuarai lomba Bhabinkamtibmas Nasional antar Polda dan antar Polres se-Polda Sulteng.

Dan Briptu Akyko Micheel, Kapito Ba Satbrimob Polda Sulteng, diganjar penghargaan atas prestasinya sebagai juara Asia Tim Sepak Takraw Putri.

Penyerahan penghargaan kepada Polres yang berprestasi dalam pelaksanaan Satgas Nusantara.

Selain itu, Kapolda juga memberikan penghargaan kepada Polres terbaik dalam
pelaksanaan Satgas Nusantara oleh Kapolda Sulteng. Yakni Subsatgas manajemen sosial terbaik yang diraih oleh Polres Banggai, Subsatgas manajemen Kemitraan terbaik diraih oleh Polres Poso, Subsatgas manajemen media terbaik diraih oleh Polres Parimo, serta Satgasres terbaik diraih oleh Polres Donggala.

Kapolda juga memberikan Trofi dan penghargaan kepada peserta lomba Fotografi yang bertemakan “Dengan semangat Promoter pengabdian Polri untuk masyarakat, bangsa dan negara.(dewi/adm/release)

Bagikan :