Targetkan 10.000 Wisatawan, Dispar Banggai Matangkan Persiapan Festival Pulo Dua 2019

Bagikan :

LUWUK, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Banggai semakin mematangkan persiapannya dalam penyelenggaraan Festival Pulo Dua (FPD) 2019, 25-28 Juli mendatang di Desa Pulo Dua, Kecamatan Balantak Utara, Kabupaten Banggai.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Banggai, Drs. Paiman Karto, melalui Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Banggai, Barnece Mangayun, SE, diruang kerjanya, Rabu (10/07).

Barnece mengungkapkan bahwa Dispar Banggai telah membuat surat keputusan (SK) intern yang diperkuat dengan SK Bupati Banggai dan menggelar rapat terkait langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam rangka pagelaran FPD 2019.

Rundown Giat FPD 2019

Lebih lanjut dikatakan, selain penerbitan SK, Dispar juga telah melaksanakan pemasangan baliho diberbagai sudut di Kota Luwuk, termasuk di OPD/BUMN/BUMD, dan instansi pemerintah lainnya.

“Tak hanya menerbitkan SK, Dispar Banggai juga telah menyurati OPD/BUMN/BUMD dan instansi pemerintah lainnya guna mendukung pelaksanaan FPD 2019 dengan memasang baliho ditempatnya masing-masing. Dan hal itu disambut baik,” ujarnya.

Selain dua hal diatas, lanjutnya, Dispar Banggai juga telah menyebar undangan dan mempersiapkan merchandise untuk para tamu undangan.

“Semua undangan telah disebar dan merchandise untuk tamu undangan pun telah siap. Dalam daftar undangan selain pihak-pihak yang terkait dengan pariwisata, salah satu yang menjadi tamu undangan adalah para duta besar, diantaranya Duta Besar Amerika, Australia dan Jepang yang selama ini intens bersinergi dengan Pemkab Banggai,” tuturnya.

Targetkan 10.000 Wisatawan

FPD 2019 yang yang masuk dalam Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata ini menargetkan 10.000 wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dengan target tersebut, Barnece mengatakan sebagai tuan rumah, Pemkab Banggai melalui Dispar Banggai akan berusaha sedemikian rupa untuk bisa mencapai target tersebut atau melampaui target yang ada.

“Untuk bisa mencapai target tersebut tentunya dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat sangat dibutuhkan dalam menyukseskan event nasional ini,” tegasnya.

Sementara itu, Barnece juga menyampaikan dalam FPD 2019 yang telah memasuki tahun ketiga ini akan diselenggarakan sejumlah kegiatan, diantaranya foto underwater, menyelam, berenang dan fashion on the beach, dengan mengusung B3M, yakni berenang, memancing, mendaki, dan nenyelam.

“Para wisatawan juga disuguhkan berbagai
stand kuliner daerah yang mayoritas terbuat dari ikan. Event yang digelar ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi bagi pariwisata di wilayah Banggai dan menambah daya tarik bagi para wisatawan sehingga target yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata RI bisa tercapai atau melampaui target yang ada,” tandasnya.(dewi/adm)

Bagikan :