Dansektor Pembibitan Kol Inf Choirul Anam Kembangkan Terung Belanda Di Hulu DAS Citarum.

Bagikan :

Bandung. Satgas sektor pembibitan mulai melakukan budidaya terung Belanda ( Solanum Betaceum ) di Petak 60 blok Hong Kampung Buka Tanah Desa Cikembang Kec Kertasari.

” Terung Belanda ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” Ungkap Kolonel Inf Choirul Anam yang didampingi Pasi Ops Sektor dilokasi budidaya buah buahan Cikembang, Jum’at (13/07).

Selain mudah dalam perawatan, terung Belanda juga memiliki harga jual yang tinggi,” Bisa dijadikan produk unggulan di hulu Citarum,
cara merawatnya juga tidak terlalu sulit,” Ujar Dansektor Pembibitan.

Seperti diketahui bahwa terung Belanda mampu mencegah anemia, menjaga kepadatan tulang dan gigi, membuat tubuh menjadi lebih bugar, menjaga kesehatan mata, mengatasi sariawan, kesehatan pencernaan serta banyak lagi manfaat lainnya.

” Terung Belanda ini kita coba untuk dibudidayakan di tempat pembibitan buah buahan, nanti kalau bagus akan menjadi tembahan keuntungan buat warga,” Terang Dansektor Pembibitan.

Masih menurut Kol Inf Choirul Anam,” Pola tanam nya bisa melalui tumpang sari dengan tanaman kopi, setiap hektar bisa 600 pohon terung kalau polanya tumpang sari,” Tuturnya.

” Tapi apabila ditanam khusus, satu hektar bisa ditanam sebanyak 1200 pohon, diusia 7 bulan dari penyemaian buahnya sudah bisa dipanen, yang kami budidayakan juga sudah berbuah tapi masih hijau,”.

” Yang penting nanti dihulu Citarum ini semua jenis tanaman buah buahan bisa bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat DAS Citarum,” Pungkas Dansektor Pembibitan.
(Rie).

Bagikan :