oleh

Dandim 0308/Prm: Melalui Wasbang, TNI Ciptakan Generasi Penerus Berjiwa Patriotisme dan Nasionalisme

Dandim 0308/Prm: Melalui Wasbang, TNI Ciptakan Generasi Penerus Berjiwa Patriotisme dan Nasionalisme

PARIAMAN|
Media Patriot, Sumatera. TNI tidak akan pernah berhenti untuk menciptakan generasi penerus Bangsa Indonesia yang berkarakter dan berjiwa Patriotisme dan Nasionalisme. TNI juga
terus berkomitmen mewujudkan generasi penerus (pelajar,red) sukses meraih masa depannya.

Hal tersebut dibuktikan oleh perwira Abituren Akmil Tahun 1999 melalui sosialisasi wawasan kebangsaan (Wasbang), Bela Negara dan Pelatihan peraturan baris berbaris kepada para siswa/i sekolah yang ada di wilayah teritorial Kodim 0308/Prm.

Komandan Kodim 0308/Prm Letkol Arm Heri Pujiyanto. S. Sos, menyampaikan bahwa program pemberian wawasan kebangsaan (Wasbang) merupakan salah satu program TNI AD yang bertujuan untuk membina generasi muda yang berwawasan luas yang memiliki semangat patriotisme dan kejuangan yang berlandaskan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan tetap menjaga Persatuan Kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

“Kodim 0308/Prm sebagai satuan jajaran TNI AD memiliki kewajiban moral untuk mendidik anak bangsa, terutama generasi muda agar memiliki semangat patriotisme dan nasionalisme agar mampu bersaing ke depannya dalam membangun Bangsa Indonesia sehingga penyiapan generasi muda yang tangguh mutlak untuk dipersiapkan sejak dini, “ungkap Dandim 0308/Prm Letkol Arm Heri Pujiyanto. S. Sos, kepada okebung. com.

Dikatakan Dandim bahwa apa yang telah dilakukan oleh Kodim 0308/Prm jajaran dalam memberikan wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada para pelajar sebagai generasi penerus Bangsa Indonesia akan dapat bermanfaat dan berguna untuk membentuk generasi muda yang berkarakter dan berjiwa nasionalisme yang tinggi.

“Wasbang merupakan konsepsi maupun cara pandang yang dilandasi atas kesadaran diri sebagai warga suatu negara (NKRI) akan diri dan lingkungannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelas Letkol Arm Heri.

Selain pembekalan Wasbang, kata Dandim, para pelajar juga dibekali dengan pemahaman terhadap bahaya radikalisme, terorisme hingga Bahaya Narkotika.“Pengaruh paham radikalisme dan terorisme saat ini, menjadi suatu ancaman serius bagi bangsa. Untuk itu, sangat diperlukan adanya kesadaran diri dari seluruh komponen bangsa Indonesia.

Menurut abituren Akmil 1999 ini, kalangan pelajar merupakan simbol Agent of Change yang nantinya akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai Nasionalisme dan Patriotisme hingga Bela Negara, sangat penting untuk dilakukan kepada pelajar.

“Untuk itu, marilah kita terapkan mulai dari sejak dini nilai-nilai Pancasila sebagai Aspek Kehidupan. Pancasila, merupakan ideologi Bangsa Indonesia yang memiliki kedudukan sangat penting. Sehingga, semua warga negara Indonesia wajib mengerti dan memahami apa itu arti dan makna Pancasila,melalui pembekalan Wasbang, TNI turut Ciptakan generasi penerus berjiwa Patriotisme dan Nasionalisme, “pungkas perwira yang sebelumnya menjabat Danyon Armed 2/105 Kilap Sumagan Kodam I/BB ini

Editor:Pairin

Bagikan :