Kaji Banding Manajemen Program Stunting, Dinkes Kabupaten Busel Kunjungi Kota Luwuk

Bagikan :

LUWUK, BANGGAI, SULAWEAI TENGAH, mediapatriot.co.id_Program inovasi Kabupaten Banggai Manajemen Program Stunting, yakni Posyandu Prakonsepsi, yang masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik di Indonesia menarik minat daerah lain untuk melakukan kaji banding, diantaranya Kabupaten Butol Selatan (Busel), Provinsi Sulawesi Tenggara.

Selama tiga hari, Kamis-Sabtu (18-20/07), Tim Kaji Banding dari Dinkes Busel, dibawah pimpinan Assisten I Bupati Busel, LM. Muslim T, S.Pd, M.Si, menggelar Kaji Banding Manajemen Program Stunting di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng)

Hari pertama kunjungan, Kamis (18/07), Tim Kaji Banding Dinkes Busel yang berjumlah 21 orang, ini mengunjungi Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Luwuk, Kelurahan Baru, Kecamatan Luwuk.

Dalam kunjungannya tim bertujuan melihat proses kursus calon pengantin yang menerima materi tentang Posyandu Prakonsepsi dari Dokter di Puskesmas Kelurahan Baru.

Usai mengunjungi KUA Kecamatan Luwuk, Tim melanjutkan kunjungannya ke Kantor Bappeda dan Litbang Banggai, untuk mendengarkan pemaparan dari Kepala Bappeda dan Litbang, Ramli Tongko, ST, M.Si.

Dihari kedua, Jumat (19/07), rombongan mengunjungi Desa Indang Sari, Kecamatan Luwuk Timur, guna melihat langsung pengelolaan Manajemen Program Stunting di Desa yang menjadi Lokasi Fokus (Lokus).

Malam harinya, rombongan mengikuti jamuan makan malam bersama Bupati Banggai, DR (Cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, di Bukit Kasih Sayang, Keles, Kelurahan Kaleke, Kecamatan Luwuk.

Dalam jamuan ini, Bupati Banggai yang didampingi sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Banggai memaparkan sejumlah keberhasilan yang telah diraih Kabupaten Banggai dibawah pimpinannya bersama Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo.

Dihari terakhir kunjungan, (20/07), rombongan mengikuti pembukaan Rakor PKK Kabupaten Banggai sebagai undangan kehormatan, di Hotel Swissbelinn Luwuk, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan.

Pasca rakor PKK, rombongan mengunjungi lokasi Kaji Banding terakhir di Pustu Awu, Desa Awu, Kecamatan Luwuk Utara.

Pustu Awu yang berada diwilayah kerja Puskesmas Biak, Luwuk Utara itu, merupakan salah satu Pustu yang telah berhasil menjalakan alur pelayanan Posyandu Prakonsepsi dengan baik.

Dalam testimoninya,,Assisten I Bupati Busel, LM. Muslim T, S.Pd, M.Si, mengungkapkan bahwasanya Kabupaten Banggai layak disejajarkan dengan daerah lain yang berada dipulau Jawa dan Bali.

“Awalnya program inovasi ini sempat dipertanyakan keunggulannya, namun setelah mengunjungi langsung guna mengkaji banding program manajemen Stunting, kami menilai program ini memang pantas masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik di Indonesia,” tegasnya.

Tak hanya itu, ia pun berjanji akan segera mengimplementasikan segudang ilmu yang telah diperoleh selama melakukan kaji banding di Kabupaten Banggai.

“Setibanya di Busel, kami akan langsung mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam kaji banding program manajemen stunting melalui Dinkes Busel yang dibawah pimpinan La Ode Budiman, S.KM, M.Kes,” tandasnya.(dewi/adm/mediakominfo)

Bagikan :