by

Resmi Dibuka, Festival Pulo Dua Tanpa Pelepasan Lampion Tetap Meriah

LUWUK, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_100 Calender of Event (CoE) Wonderfull Indonesia, Pesona Banggai, Festival Pulo Dua 2019, resmi dibuka Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI), Susi Pudjiastuti, Kamis (25/07) malam, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Teluk Lalong, Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Meskipun salah satu agenda dalam opening ceremony, yakni pelepasan 1000 lampion ditiadakan, tak membuat animo masyarakat surut. Sejak sore hari lokasi acara telah dibanjiri pengunjung dari segala usia. Stand pameran OPD lingkup Pemkab Banggai dibuka disepanjang pintu masuk area RTH Teluk Lalong.

Ribuan pengunjung nampak memadati RTH Teluk Lalong Luwuk yang merupakan lokasi pembukaan CoE Wonderfull Indonesia, Pesona Banggai, Festival Pulo Dua 2019

Acara pembukaan yang diawali dengan tari-tarian yang dibawakan 400 siswa mulai dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas ini menghadirkan artis ibukota, penyanyi dangdut Fitri Karlina.

Terkait ditiadakannya pelepasan 1000 lampion, Bupati Banggai, DR (Cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, menegaskan bahwa hal tersebut adalah bentuk komitmen dan konsistensi dalam menggelorakan semangat program PINASA (Pia Na Sampah Ala) yang merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai.

Bupati Banggai DR (Cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, didampingi Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Mustar Labolo, saat memberikan sambutan pada pembukaan CoE Festival Pulo Dua

“Ditiadakannya salah satu agenda di Festival Pulo Dua, yaitu pelepasan 1000 lampion, merupakan bentuk komitmen dan konsistensi kami dalam menjaga kelestarian dan kebersihan alam daerah. Dan bila agenda tersebut dilaksanakan itu bertentangan dengan program unggulan Kabupaten Banggai, yakni PINASA,” tandasnya.

Opening ceremony dihadiri sejumlah pejabat publik, baik dari pusat maupun daerah. Diantaranya Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Koordinator 100 Calendar of Events Wonderful Indonesia (100 CoE WI), Esthy Reko Astuty; Sekretaris Provinsi Sulteng, DR. Hidayat Lamakarate, Unsur Forkopimda Banggai, Kepala OPD Lingkup Pemkab Banggai, serta undangan lainnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Menteri Susi mengungkapkan bahwasanya Kabupaten Banggai memiliki potensi kelautan yang sangat besar.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti

“Kabupaten Banggai memiliki wisata bahari yang sangat elok. Pantainya indah, bersih, besar dan cantik. Untuk itu saya meminta seluruh masyarakat bisa menjaga keindahan tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut Susi mengatakan, tak hanya sekedar menjaga keindahan pantai dan laut, masyarakat juga perlu menjaga ekosistem terumbu karang.

“Dengan menjaga ekosistem terumbu karang, sama dengan menjaga populasi ikan untuk tetap ada. Keindahan terumbu karang pun bisa dinikmati oleh para pengunjung,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Susi juga menegaskan bahwa akan ada sanksi yang diberikan kepada orang-orang yang merusak habitat terumbu karang.

“Nelayan dilarang tegas menangkap ikan hidup dengan menggunakan potas, itu akan merusak terumbu karang. Ada sanksi yang akan diberikan bila melakukan potas. Saya tidak mau dengar lagi hal-hal seperti itu,” pungkasnya.

Festival Pulo Dua 2019 menampilkan sejumlah kegiatan menarik, diantaranya paradigling dan diving.(dewi/adm)

Bagikan :

Berita Kegiatan Presiden Ir. Joko Widodo di MPI, kunjungan kerja, peresmian dan lain lain KLIK DISINI
Kegiatan Panglima TNI ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Kegiatan Kapolri ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Cara Cepat Cari Berita Ketik di Bawah Ini:

Ada Iklan Lowongan Pekerjaan, Lowongan Wartawan, Iklan Jual Mobil, Motor dan lain lain baca sekarang di IKLAN BARIS >>

Bagaimana Wajah Kinclong Daus Mini Menjelang Peernikahan ke Tiga Artis6.COM >>


News Feed