by

PENERTIPAN LEGALITAS KELOMPOK TANI HUTAN DI INDRAMAYU

Indramayu, MPI
Kementrian Lingkungan Hidup (LH) dan Kehutanan bersama-sama mensosialisasikan, memfasilitasi dan bantuan verifikasi teknis, SK kulin KK atau pengakuan dan perlindungan kemitraan kehutanan verifiskasi sosial diwilayah kerja Perum Perhutani (KPH) Indramayu, Kabupaten Indramayu, Povinsi Jawa Barat. Bertempat di Desa Karanganyar Ilir. Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu. Dihadiri perwakilan kementrian LH, Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk H. Kanadi Monoisman, SH., MH Disduk Indramayu, Kasi Perum Perhutan Iman Suherman, Kuwu Karangayar Ilir Matoli dan masyarakat Kelompok Tani Hutan (KTH) yang mempunyai lahan garapan, rabu (31/7).

Kuwu Desa Karanganyar Ilir Matoli mengatakan kelompok masyarakat tani yang mempunyai garapan diharapkan dapat melegilitaskan Hak garapnya biar mendapatkan SK legalitas pengolahan tanah kawasan hutan dengan batas waktu 35 tahun. Jumlah lahan yang berada di Desa Karanganyar Ilir seluas 600 hektar, 300 orang penggarap
Iman menjelaskan, sesuai regulasi berdasarkan Permenhut Nomor 83 dan 39 terkait pengajuan kemitraan kehutanan atau izin pemanfaatan hutan social, Kementerian LHK akan menerbitkan SK Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan atau SK (KULIN -KK) pada KTH.
Iman menerangkan, pihaknya selaku pengelola hutan sudah berproses sejak pertama kali program tersebut berdiri yaitu di tahun 2017. dengan mendapatkan SK-KULIN-KK artinya KTH atau LMDH tersebut memiliki hak untuk memanfaatkan akses hutan tersebut dalam jangka waktu 35 tahun.
Program Perhutanan Sosial adalah program yang bertujuan untuk melakukan pemerataan ekonomi dan mengurangi ketimpangan ekonomi melalui tiga pilar, yaitu lahan, kesempatan usaha dan sumberdaya manusia. Perhutanan Sosial juga sebuah legalitas bagi masyarakat disekitar kawasan hutan untuk mengelola lahan di kawasan hutan negara.(Deswin Nazamudin)
Bagikan :

Berita Kegiatan Presiden Ir. Joko Widodo di MPI, kunjungan kerja, peresmian dan lain lain KLIK DISINI
Kegiatan Panglima TNI ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Kegiatan Kapolri ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Cara Cepat Cari Berita Ketik di Bawah Ini:

Ada Iklan Lowongan Pekerjaan, Lowongan Wartawan, Iklan Jual Mobil, Motor dan lain lain baca sekarang di IKLAN BARIS >>

Bagaimana Wajah Kinclong Daus Mini Menjelang Peernikahan ke Tiga Artis6.COM >>


News Feed