oleh

Terkait Status Tersangka Yahdi Basma, Komunitas Penulis Kreatif Sulteng: “Kritik Sosial Di Masa depan Bisa Berujung Pidana”

Bagikan :

PALU SELATAN, PALU, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Penetapan status tersangka terhadap Yahdi Basma, SH, Anggota DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng), oleh penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Sulteng, Kamis (25/07), atas kasus Laporan Penghinaan/Pencemaran Nama Baik, membuat sejumlah pihak angkat bicara.

Komunitas Penulis Kreatif Sulteng bersama sejumlah generasi muda dijalan Towua II, Kelurahan Tatura Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, yang selama ini bergabung dalam BANTAYA (Barisan Teman Yahdi), mengungkapkan kritik sosial yang diapresiasikan di masa depan bisa berujung pidana karena pejabat-pejabat publik merasa dirinya dihina dan direndahkan.

“Persoalan hukum yang menjerat anggota DPRD Sulteng, Yahdi Basma, SH (YB), membuat kami sebagai komunitas penulis, berpikir keras, jangan-jangan kritik sosial yang kami apresiasi di masa depan bisa berujung pidana. Hal tersebut dikarenakan para pejabat-pejabat publik merasa dirinya dihina dan direndahkan,” ungkap Heandly Mangkali, SKM, Ketua Komunitas Penulis Kreatif Sulteng, Rabu (30/07), melalui pers releasenya.

Heandly menegaskan bahwa kasus yang menimpa YB harus ditempatkan sebagai kasus hukum dan mendukung kepolisian untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Kita harus menempatkan kasus tersebut sebagai kasus hukum. Dan mendukung kepolisian untuk menyelesaikan persoalan tersebut sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Serta dengan adil tanpa ada intervensi dari manapun,” tegasnya.

Menurut Heandly, Komunitas Penulis Kreatif Sulteng bersama BANTAYA menilai YB adalah anggota DPRD yang kami nilai sangat sensitif/peka merespon isu sosial dimasyarakat.

“Sikap peka terhadap isu sosial dimasyarakat seharusnya kita dukung. Seorang wakil rakyat yangg sensitif adalah tipe ideal Anggota DPRD yang diinginkan publik,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, apa yang dibagikan YB yang disebut sebagai berita hoax itu, tentu saja harus dimulai pada tahap menyidik dan menemukan si pembuat foto yang diduga palsu tersebut, kemudian menyidik perbuatan lain yang menyertainya.

“Apa yang telah dibagikan YB disebut sebagai berita hoax. Nah, seharusnya penyelidikan harus dimulai dari siapa yang membuat foto yang diduga palsu tersebut, kemudian menyidik perbuatan lain yang menyertainya,” urainya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa masyarakat juga sudah bisa menilai saat ini bahwa jika berita “Longky Membiayai People Power” itu tidak benar.

“masyarakat juga sudah bisa menilai saat ini bahwa jika berita “Longky Membiayai People Power” itu tidak benar. Logikanya, “Status” YB menjadi gugur, karena diksi yang digunakan YB adalah “JIKA BENAR” sebagai narasi bertanya kepada publik sebagai bagian dari upaya verifikasi dalam kaitan tugas dan kewenangannya sebagai anggota DPRD,” rincinya.

Heandly menilai kasus ini adalah kasus biasa, yang tidak perlu memantik perhatian Gubernur sebagai institusi publik yang memiliki kekuasaan politik. Karena dinamika sosial dalam kritik dan koreksi adalah hal yang tidak bisa dihindari bagi semua jabatan2 publik.

“Hemat kami, kasus ini kasus biasa, tidak perlu memantik perhatian Gubernur sebagai institusi publik yang memiliki kekuasaan politik. Karena sesungguhnya dinamika sosial dalam kritik dan koreksi adalah hal niscaya yang tidak bisa dihindari bagi semua jabatan-jabatan publik. Ini menyehatkan demokrasi dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan daerah,” pungkasnya.(dewi/adm/release)


Berita lain Selanjutnya >>>>>



Berita Khusus Aceh Hanya di AcehMPI.COM KLIK DISINI

Pingler.com untuk PING agar website anda cepat di index oleh google KLIK DISINI

Sedangkan berita hari ini terlengkap, terkini dan terupdate hanya di MediaPATRIOT.CO.ID/Category/Berita KLIK DISINI

Berita Umum, Berita Artis, Berita Bisnis, Berita Daerah ada di Referensi Link KLIK DISINI
. . RajaBackLink.com

Baca berita hari ini yang lainnya KLIK DISINI
LINK BERITA HUT KODAM JAYA KE 70 https://www.mediapatriot.co.id/2019/12/24/logo-banner-photo-video-dan-link-berita-hut-kodam-jaya-ke-70-berita-mpi/?preview=true&frame-nonce=490248f2ea
Berita Hari Ini Media Online Nasional Terlengkap

Terima kasih sudah membaca berita atau artikel di atas semoga bisa menjadi ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan karena mencari ilmu itu tidak ada batasnya sampai akhir hayat. Informasi berita terkini, terupdate hari ini KLIK DISINI

Bagi yang haus akan ilmu, maka akan selalu mencari informasi lain yang bisa menambah ilmu pengetahuan karena kalau kita lebih duluan baca informasi maka kita akan punya wawasan lebih luas atau selangkah lebih maju dari yang lain. Masih banyak informasi lain yang harus kita ketahui misalnya berita TNI, berita POLRI dan berita lainnya. Untuk berita TNI yang terkini dan terupdate hari ini KLIK DISINI

Kalau berita yang komplit tentang TNI, POLRI, Reginal, Nasional dan Internasional bisa anda baca di Media Online Nasional Terlengkap di Indonesia www.mediapatriot.co.id namun jika hanya ingin mencari berita terkini, terupdate hari ini tentang POLRI KLIK DISINI

Dan bagi pemerintahan biasanya sangat butuh informasi tentang kegiatan Presiden Republik Indonesia yang saat ini dipimpin oleh Joko Widodo karena terkait dengan kebijakan atau lainnya bisa KLIK DISINI

Terima kasih sudah membaca Media Online Nasional Terlengkap di Indonesia MediaPATRIOT.CO.ID semoga bisa terjalin kerjasama baik berupa iklan atau kerjasama yang membangun sinergy maju bersama. (Redaksi)
Bagikan :