oleh

“Polemik Harga Tiket Pesawat Dalam Perspektif Hukum, Bisnis, dan Investasi”


PENCARIAN GOOGLE:

Jakarta Polemik harga tiket pesawat terus menjadi perbincangan saat ini. Masyarakat terus mengeluhkan tingginya harga tiket yang ditetapkan maskapai penerbangan. Atas kondisi tersebut, DPC PERADI Jakarta Pusat sebagai sebuah organisasn advokat memiliki tanggung-jawab ke publik untuk memfasilitasi diskusi terbuka dengan tema *Polemik Harga Tiket Pesawat Dalam Perspektif Hukum, Bisnis dan investasi.

Berita Viral Hari Ini>>

Seminar ini menghadirkan narasumber dari lintas instansi yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Lin Che Wei selaku Policy Adwsor pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sebagai regulator mewakili pemerintah serta beberapa narasumber lainnya yaitu Djoko Murjatmoko selaku Direktur Operasi & Teknik PT Angkasa Pura II sebagai perwakilan pihak pengelola bandara, Taufik Ahmad selaku Direktur Kebijakan Persaingan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (“KPPU”), Tulus Abadi selaku Ketua Yayasan Lembaga Konsumen lndonesia (“YLKI”), Chappy Hakim selaku Pengamat Dunia Penerbangan. Dalam seminar ini turut pula dihadiri oleh beberapa influencer dalam bidang penerbangan seperti Capt. Vincent Raditya.

Dalam perspektif perlindungan konsumen, Ketua YLKI Tulus Abadi menyampaikan bahwa konsumen berhak atas harga/tarif yang wajar. Operator penerbangan sebagai provider langsung yang berhadapan dengan konsumen perlu menerapkan tarif berkelanjutan dengan margin profit yang wajar. Beliau juga menyampaikan bahwa pemerintah harus konsisten dalam penerapan Tarif Batas Atas (“TBA”) & Tarif Batas Bawah (“TBB”) yang pelaksanaannya perlu dinamis dengan peninjauan ulang secara berkala yaitu 6 12 bulan dengan mempertimbangkan aspek konsumen dan pertumbuhan industri penerbangan dalam negeri.

Sementara itu, dari perspektif persaingan usaha Taur k Ahmad selaku Direktur Kebijakan Persaingan KPPU, mengatakan bahwa penerapan TBA idealnya diatur pada rute-rute dengan struktur yang terkonsentrasi, misal yang di monopoli/duopoli/oligopoli oleh maskapai. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa penerapan TBB dalam persaingan muncul perdebatan. Di satu sisi dianggap negarif, karena menjadi entry barrier bagi pelaku usaha yang bisa menawarkan tarif di bawah TBB dan menjadi disinsentif bagi inovasi di industri yang bermuara pada munculnya besaran tarif di bawah TBB. Di lain sisi dianggap positif untuk mencegah agar jumlah maskapai yang bersaing di industri penerbangan tetap terjaga pada level tertentu, sehingga persaingan tetap terjadi. Sehingga hai ini dapat mencegah maskapai menjadi korban dari persaingan dengan strategi tarif (subsidi siiang atau predatory pricing). Dalam hal terjadi predatory pricing maka hal tersebut menjadi kewenangan KPPU untuk menindaknya.

Lebih lanjut, menurut pandangan pengamat dunia penerbangan, Chappy Hakim, naiknya harga tiket pesawat disebabkan beberapa faktor, namun yang paling dominan dikarenakan Operating Cost yang dibayarkan daiam bentuk mata uang US Dollar, sedangkan pendapatan maskapai dalam bentuk Rupiah. Sehingga dengan melemahnya Rupiah terhadap US Dollar menyebabkan naiknya harga operasional, yang berdampak juga pada harga tiket pesawat. Solusi mengatasi persoalan tersebut harus berdasar kepada hasi! dari investigasi, audit, analisis yang dilakukan dengan kontrol yang terintegrasi dari pemerintah, dengan meiibatkan Dewan Penerbangan Nasional dan jejaring perhubungan nasional.

Penyelenggaraan seminar ini oleh DPC PERADI Jakarta Pusat merupakan bagian dari peran aktif kami dalam memberikan kontribusi bagi peserta serta masyarakat pada umumnya dalam memahami polemik harga tiket dunia penerbangan di Indonesia dalam kaitannya dengan perspektif hukum, bisnis dan investasi secara lebih komprehensif.

Sebagaimana diketahui, kebijakan pemerintah dalam hal pengaturan harga tiket pesawat melalui Peraturan Menteri Perhubungan No. 20 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Formulasi Perhitungan Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri, serta Keputusan Menteri Perhubungan Rebupiik Indonesia No. 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri menjadi acuan yang dapat digunakan sebagai referensi penerapan formulasi harga tiket pesawat, bagi industri penerbangan dalam negeri.

Kebijakan tersebut adalah implementasi pemerintah daIam menerapkan tarif batas atas dan tarif batas bawah industri penerbangan, sebagai upaya menengahi polemik mengenai harga tiket pesawat yang ada di masyarakat, dengan mempertimbangkan berbagai aspek secara komprehensif yaitu daya beli masyarakat dalam kerangka perlindungan konsumen, kebutuhan industri penerbangan, potensi persaingan usaha, serta komparisi pengelolaan dunia penerbangan dalam skala global.

SUMBER:MediaPATRIOT.CO.ID


CONTACT US : https://www.mediapatriot.co.id/contact



Berita Lain KLIK DISINI >>>

PENCARIAN GOOGLE:

Layanan Iklan Ini Khusus Bagi Instansi dan Perusahaan Yang Sudah Bekerjasama dengan Media Online Nasional MediaPATRIOT.CO.ID Mau Bekerjasama Silahkan Ajukan Ke Email redaksi@mediapatriot.co.id atau ke Whatsapp Center 08999208174






Berita lain Selanjutnya >>>>>



Berita Khusus Aceh Hanya di AcehMPI.COM KLIK DISINI

Pingler.com untuk PING agar website anda cepat di index oleh google KLIK DISINI

Sedangkan berita hari ini terlengkap, terkini dan terupdate hanya di MediaPATRIOT.CO.ID/Category/Berita KLIK DISINI

Berita Umum, Berita Artis, Berita Bisnis, Berita Daerah ada di Referensi Link KLIK DISINI
. . RajaBackLink.com
Baca berita hari ini yang lainnya KLIK DISINI
LINK BERITA HUT KODAM JAYA KE 70 https://www.mediapatriot.co.id/2019/12/24/logo-banner-photo-video-dan-link-berita-hut-kodam-jaya-ke-70-berita-mpi/?preview=true&frame-nonce=490248f2ea
Berita Hari Ini Media Online Nasional Terlengkap MediaPATRIOT.CO.ID GROUP

https://www.mediapatriot.co.id


https://www.tv-mpi.com


https://www.mediapatriot.com


https://www.beritatnimpi.com


https://www.beritapolri.com


https://www.beritampi.com


https://www.chatkewa.com


https://www.backlinktermurah.com


https://www.berita2020.com


https://www.mpidomain.com


https://www.jakartampi.com


https://www.jabarmpi.com


https://www.bandungmpi.com


https://www.kotabekasinews.com


https://www.kotabekasimpi.com


https://www.ibekasi.com


https://www.indramayumpi.com


https://www.sumedangmpi.com


https://www.sukabumimpi.com


https://www.sumaterampi.com


https://www.sulawesi-news.com


https://www.sulawesimpi.com


https://www.acehmpi.com