Pupuk Urea Subsidi Langka Di Aceh Tenggara.

Bagikan :

Pupuk Urea Subsidi Langka Di Aceh Tenggara.

Media Patriot, Aceh. Kelangkaan Pupuk Urea bersubsidi di Kabupaten Aceh Tenggara, musim tanam Rendang tahun 2019 , mulai terasa oleh petani lahan basah dan kering.

Semua kios Pengecer Di Kecamatan Lawe Sumur, tidak ada satu kios pengecer pun yang ada menyediakan pupuk Urea bersubsidi, terpaksa harus memakai pupuk Jenis Organik.

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Kabupaten Aceh Tenggara H. Guntur, SE., menjelaskan kelangkaan pupuk Urea bersubsidi tidak sesuai dengan kebutuhan petani di Aceh Tenggara.

Apalagi saat musim tanam Rendeng, kebutuhan petani semangkin meningkat, dikarenakan semua lahan persawahan akan difungsikan oleh para petani,

Di jelaskan bahwa jatah pupuk Urea bersubsidi di Aceh Tenggara dalam Satu tahun Anggaran hanya 4500 ton ,sedangkan penduduk setempat hampir berkisar 90% berpengahasilan dari sektor Pertanian.

Dari 4500 ton dibagi dengan 16 Kecamatan dan dibagi 5 Distributor kemudian dibagi 12 bulan, hasilnya hanya sekitar 4 ton perbulan untuk masing masing Kecamatan, terlebih lagi bila dibagikan kepada setiap Kepala keluarga petani, diperkirakan hanya mendapatkan berkisar 1 kg perbulan.

Kelangkaan pupuk Urea bersubsidi tidak ada sangkut paut dengan Dinas Pertanian, dikarenakan Pihak Distributor bukan di SK kan oleh Dinas Pertanian, melainkan langsung di SK kan oleh pihak PIM .

Bagi semua elemen pengawasan Pupuk Urea bersubsidi untuk ditingkatkan dan meminta kepada yang terkait dengan pengadaan pupuk Urea bersubsidi agar dapat, Penambahan Deflout Pupuk tersebut ” .

Editor:Samsuri

Bagikan :