Peringatan HUT Polwan Ke 71, Polwan Salah Satu Instrumen Penting Dalam Mewujudkan Polri Yang Promoter

Bagikan :

PALU TIMUR, PALU, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 71 Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia (RI), yang diperingati setiap tanggal 01 September, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar acara syukuran di Aula Torabelo Polda Sulteng, Kamis (05/09).

Dengan mengusung tema “Semangat Promoter Pengabdian Polwan untuk Masyarakat Bangsa dan Negara”, acara syukuran tersebut diikuti seluruh Polwan jajaran Polda Sulteng dan Polres, Ibu Asuh Polwan Sulteng, Ny. Yanti Lukman Wahyu; Wakapolda Sulteng, Kombes Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso, SH, MHum, Irwasda Polda Sulteng, Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng, para Kapolres jajaran Polda Sulteng serta pengurus Bhayangkari.

Dalam acara ini, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulteng, Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, membacakan amanat Kapolri, Jenderal Polisi Prof.Muhammad Tito Karnavian, P.hD.

Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si

Dikatakan bahwa eksistensi Polwan dalam berbagai bidang penugasan telah menunjukkan prestasi yang membanggakan. Polwan menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan institusi Polri yang profesional, modern, dan terpercaya.

Lebih lanjut disampaikan, saat ini, ada 3 anggota Polwan yang menyandang pangkat Brigjen, 65 Polwan berpangkat Kombes, 644 Polwan berpangkat AKBP, 959 Polwan berpangkat Kompol, serta 5.672 Polwan berpangkat Perwira Pertama.

Tak hanya itu, 4 anggota Polwan juga sedang mengemban jabatan Kapolres, 14 Polwan sedang menduduki jabatan Wakapolres, dan 32 Polwan mengemban jabatan Kapolsek.

“Sejalan dengan hal tersebut, Kapolri telah memberi kesempatan yang luas kepada para Polwan untuk mengikuti pendidikan pengembangan, baik di dalam maupun luar negeri, serta untuk menduduki jabatan operasional,” tutur Kapolda.

Di dunia internasional, lanjutnya, Polwan RI juga memiliki kiprah cemerlang. Sepanjang tahun 2019 ini tercatata ada 22 anggota Polwan yang ikut serta melaksanakan Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB di 7 negara, yakni Afrika Tengah, Haiti, Mali, Congo, Sudan, Sudan Selatan, dan Yaman.

Selain itu, Polwan RI juga mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tahunan ke-58 Asosiasi Polisi Wanita Internasional, yang akan digelar di Yogyakarta, 04-10 September 2020, mendatang.

Dalam kesempatan ini, Kapolda juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Polwan yang berprestasi, yakni Bhabinkamtibmas Polsek Torue Polres Parimo, Briptu Ni Nyoman Krisda Yuliani, dan anggota Polwan yang masuk dalam Tim Penyelam Polwan Polda Sulteng dalam kegiatan pemecahan rekor dunia di Manado.

Kapolda juga memberikan tali asih kepada orang tua Polwan yang menjadi korban bencana Pasigala, 28 September lalu.

“Dirgahayu Polwan RI, dengan semangat promoter pengabdian Polwan untuk masyarakat, bangsa dan negara, kita wujudkan institusi Polri yang profesional, modern, dan terpercaya,” tandas Kapolda.(dewi/adm)

Bagikan :