Ops Patuh Tinombala 2019, Satlantas Polres Banggai Gelar Sidak Kendaraan Di Pelabuhan Dan Terminal

Bagikan :

LUWUK, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Dalam rangka Operasi Patuh Tinombala 2019, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Banggai bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Banggai, menggelar inspeksi mendadak (sidak) kendaraan di Pelabuhan Rakyat Luwuk dan Terminal Desa Biak, Jumat (06/09).

Dalam sidak yang dipimpin Kasat Lantas Polres Banggai, AKP Muhammad Fadlan, SIK, didampingi KBO Satlantas Polres Banggai, IPTU Benni M. Lauo, dan sejumlah anggota Lantas dan Dishub Banggai, ditemukan sejumlah kendaraan umum maupun truk yang tidak memenuhi standar operasional.

Diantaranya mobil yang masih menggunakan ban yang sudah gundul, minyak rem hampir habis, memakai riben mobil 100 persen dan tidak memiliki apart (racun api) serta komponen kendaraan lainnya.

Mendapati hal tersebut, langsung diperintahkan untuk mengganti ban yang sudah gundul, dan melepas riben kaca mobil karena bisa membahayakan pengemudi dan penumpang

Kapolres Banggai, AKBP Moch. Sholeh, SIK, SH, MH, melalui Kasat Lantas, AKP Muhammad Fadlan, mengungkapkan gelar sidak ini merupakan salah satu langkah Polri untuk bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Sebelum ada kejadian laka lantas yang tidak diinginkan, inilah langka-langkah yang kita tempuh untuk pencegahan, karena jika setelah kejadian buat apa,” tutur Fadlan.

Lebih lanjut Fadlan mengatakan pengecekkan tidak hanya dilakukan pada saat operasi saja. Namun, kedepannya Satlantas berkoordinasi dengan Dishub akan melakukan pemeriksaan rutin minimal sebulan sekali.

“Sidak tak hanya digelar saat operasi saja. Kedepannya akan rutin digelar, minimal sebulan sekali, dengan tujuan untuk mengingatkan para pengemudi truck dan angkutan umum untuk mentaati standar operasional kendaraan,” ujarnya.

Untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas, lanjutnya, Satlantas akan terus melakukan kegiatan sosilisasi dan penindakan.

“Kita akan terus melakukan sosialisasi dan penindakan. Namun kita mengutamakan sosilisasi dan pembinaan kepada masyarakat, agar masyarakat kedepannya bisa semakin sadar dan patuh hukum untuk tertib berlalu lintas,” tegasnya.

Terkait tertib berlalu lintas, Fadlan menambahkan, Polri tidak akan pernah lelah dan capek dalam melaksanakan pembinaan di sekolah, lingkungan masyarakat, pemerintah daerah maupun swasta, dan dilingkungan TNI/Polri.

“Anggota Polri sendiri kita tindaki saat pelaksaaan operasi patuh tinombala 2019 dan untuk anggota TNI kita serahkan ke POM. Itu semua dilakukan agar masyarakat bisa patuh dan sadar hukum,” urainya.

Fadlan juga menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Banggai untuk bisa lebih mematuhi lagi tata tertib berlalu lintas. Ia menegaskan peradaban suatu bangsa itu bisa dilihat dari bagaimana cara masyarakatnya berlalu lintas.

“Jadi kami harapkan masyarakat bisa mengerti demi kebaikan bersama. Sehingga masyarakat bisa mengutamakan keselamatan sebagai kebutuhan,” tandasnya.(dewi/adm)

Bagikan :