Side Event Human Rights Cities, Pemkab Banggai Didaulat Sebagai Anggota Delegasi Indonesia Di PBB

Bagikan :

JAKARTA, mediapatriot.co.id_Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai didaulat menjadi anggota delegasi Indonesia di perserikatan bangsa-bangsa (PBB) untuk mengikuti side event dalam rangka Kampanye pencalonan Anggota Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB Periode 2020 – 2022 di Jenewa Swiss.

Kampanye tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan upaya pemerintah Republik Indonesia (RI), khususnya pada tingkat pemerintah daerah, dalam pengarusutamaan pemajuan dan perlindungan HAM.

Selain itu, side event juga dijadikan ajang untuk berbagi pengalaman dan best practise dalam mengimplementasikan berbagai kebijakan guna kemajuan perlindungan HAM, dan mengenalkan Kabupaten Banggai ke tingkat internasional.

Terpilihnya Kabupaten Banggai sebagai anggota delegasi oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenhumham) dikarenakan Pemkab Banggai memperoleh peringkat terbaik Peduli HAM dalam penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM Periode 2017-2018.

Dalam Side event yang mengusung tema “Indonesia Policy Towards Humans Rights Cities Collaborration between National and Local Government”, ini Bupati Kabupaten Banggai, DR (Cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, akan memaparkan materi terkait langkah kebijakan Pemkab Banggai dalam melaksanakan pemajuan dan Penghormatan HAM dan Inovasi terkait HAM.

Pemajuan dan penghormatan HAM serta inovasi terkait HAM yang telah dilaksanakan di Kabupaten Banggai diantaranya hak atas kesehatan dengan inovasi Posyandu Pra Konsepsi dan Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok. Dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan dengan inovasi Gerakan Moral PINASA (pia na sampah ala).

Guna mematangkan materi yang dibawakan, Herwin menghadiri finalisasi persiapan rencana penyelenggaraan side event Human Rights Cities, Kamis (05/09), diruang rapat Multilateral Lt. 8, Gedung Roeslan Abdul Gani, Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Rapat Finalisasi tersebut dihadiri Direktur Jenderal HAM, Dr. Muslimin Abdi, SH, MH; Sekditjen HAM, Risma Indriyani, SH, M.Hum,; Direktur Instrumen HAM, Ir. Timbul Sinaga, M.Hum, Tim Kementerian Luar Negeri, dan Tim Bagian Hukum Pemkab Banggai.(dewi/adm)

Bagikan :