THE ART OF POSITION Hidup tidak mungkin sempurna, tapi selalu bisa kita lengkapi dengan hal, hal yang bermanfaat Datuk Stella Chin

Bagikan :

Jakarta, 19 September 2019. Datuk Stella Chin bersama Bhuana Ilmu Populer meluncurkan buku T he Art of Position pada 19 September 2019 di Gramedia Central Park, Jakarta Barat. Dalam buku setebal 280 halaman ini, Datuk Stella Cin bercerita mengenai peran pemimpin dalam filosofi sebuah posisi, serta ditulis bagi para manajer dan yang akan menjadi manajer di kemudian hari.

Posisi manajer adalah sebuah kesempatan emas untuk belajar dan bertumbuh dengan baik. Untuk menjadi manajer yang baik, Anda tidak cukup hanya dengan menjaga intensitas kerja, memberikan pelayanan terbaik, dan menjalankan tugas-tugas dengan serius.

Kita sering mendengar ungkapan, “Membimbing orang harus menggunakan hati.” Jika konteksnya di dunia karier, dalam pembimbingan semacam itu, peran seorang manajer sangatlah penting. Menurut Ilmu Psikologi, kita memerlukan delapan poin untuk membimbing manusia, yaitu menjadi contoh yang baik; berkomunikasi secara efektif; berlaku bijak; melihat dengan jelas; menerapkan reward & punishment; mengantisipasi kegagalan; bekelja dengan sukacita; dan menciptakan kesempatan.

Sebagai contoh atau teladan, manajer harusnya ingat pada tiga tahapan ini: meyakinkan, mengingatkan, dan menyemangati. Pertama-tama, berikan keyakinan, uraikan masalahnya, kemudian tambahkan dengan pengingat. Alih-alih mengkritik seseorang secara langsung, berilah motivasi dan bangkitkan semangatnya.

Namun, tidak seorang pun yang begitu lahir langsung mengetahui bagaimana cara menjadi seorang manajer. Namun jika ingin unggul dalam karier, Anda harus bisa bergerak cepat. Bila perlu, Anda harus tahu bagaimana caranya menjadi seorang manajer yang baik,
walaupun Anda belum berada di posisi itu. Banyak orang, ketika kariernya mulai menanjak, lupa siapa dirinya. Mereka hanya berfokus pada pencapaian pribadi. Ketika merasa pencapaian kariernya adalah berkat upaya kerasnya sendiri, setelah menjadi manajer, mereka tetap percaya bahwa dengan bekerja keras maka pencapaian yang lebih tinggi akan mudah digapainya. Sayangnya, fakta di lapangan tidaklah demikian. Walaupun mereka sudah bekerja keras dan berhasil menyelesaikan targettarget perusahaan saat menjabat sebagai manajer, tetapi peran yang mereka mainkan keliru. Setiap manajer pasti memiliki tim. Sebagai kepala sebuah tim, Anda tidak bisa lagi hanya berfokus pada kinerja dan kerja keras diri sendiri. Anda harus memikirkan keseluruhan tim. Peran Anda harus disertai dengan upaya pembimbingan, pemberian saran, motivasi, dan terkadang harus ikut menanggung kesalahan yang dilakukan oleh bawahan Anda.

Di lain sisi, Anda juga seperti seorang jenderal pasukan perang. Anda tidak bisa hanya memerintah, tetapi harus pula memahami, membimbing, dan membantu pasukan Anda dalam menyerang atau menghadapi setiap serangan lawan.

Inti dari The Art Position adalah dalam hidup ini, setiap orang akan memiliki beragam peran. Di posisi yang berbeda, kita harus berbicara dengan bahasa yang berbeda, juga melakukan hal yang berbeda. Kita tidak boleh terpaku hanya pada satu set pemikiran atau sikap.

Tidak banyak wanita yang mampu mempertahankan kebahagiaan dalam kehidupan pribadinya di tengah-tengah gelimang kesuksesan kan’er. Oleh harena itu, kesediaan Datuk Stella berbagi pengetahuan ini sangatlah berharga bagi masyarakat luas. Di tengah kerasnya kehidupan di dunia ini, beliau tidak lelah untuk menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada keluarga, saudara, teman, dan masyarakat luas. The Art Position adalah strategi kehidupan yang membuat Anda mampu menjalankan berbagai macam peran dengan sempurnya.

(Bhuana llmu Populer BIP)

Bhuana llmu Populer (BIP) berdiri pada 22 September 1992, bergerak di bidang penerbitan. BIP tumbuh menjadi salah satu penerbitan besar di Indonesia yang berada di bawah naungan Kompas Gramedia. Selain menjadi penerbit yang menerbitkan buku untuk dipublikasikan secara luas, BIP juga menjadi co-publishing bagi penulis/institusi yang membutuhkan jasa menulis atau mencetak buku. Mantan presiden lndonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, merupakan salah satu pengguna jasa co-publishing BIP.

BIP lebih berfokus pada penerbitan buku anak, seperti edukomik, dongeng, picture book, serta buku aktivitas bagi balita dan anak-anak. Namun, BIP juga tidak mengesampingkan buku-buku nonfiksi yang bertema kesehatan, bisnis, kepemimpinan, motivasi, self-help, dan buku penunjang sekolah. Setiap tahun, BIP menerbitkan lebih dari 200 judul buku yang 60%-nya merupakan buku anak. BIP mempunyai imprint yang menerbitkan buku dengan kategori khusus, yaitu Bhuana Sastra untuk novel, Genta untuk buku Kristen, dan Qibla untuk buku Islam.

Sejak 2004, BIP melebarkan sayap dengan menerbitkan produk geospasial, contohnya atlas dan peta panduan perjalanan, BIP memiliki tim eartographer yang bekerja sama dengan pemerintah atau lembaga swasta untuk memetakan kota-kota besar, seperti J akarta, Surabaya, dan Bali. Selain itu, BIP juga menyediakan peta perjalanan wisata. Setelah lebih dari 10 tahun menjalankan lini peta ini, sekarang, BIP terkenal sebagai penyedia data geospasial paling akurat kota besar di Indonesia. Banyaknya permintaan di bidang digital, BIP pun ikut mengembangkan peta di gital.

Dengan slogan “Passion for Knowledge”, BIP mendedikasikan din’ untuk menerbitkan bukuubuku yang membantu orangvorang untuk belajar sendiri. Karena pembaca utamanya adalah anak-anak, BIP dengan serius dan hati-hati dalam menciptakan buku anak berkualitas tinggi. BIP menyadari tanggung jawab dalam mendidik generasi muda untuk mempersiapkan mereka membangun masyarakat intelektual yang lebih baik di masa depan.

Perhatian BIP dalam mendidik generasi muda dengan buku-buku anak berkualitas tinggi melahirkan sebuah program amal yang disebut Books for Friend (BFF). Melalui program ini, BIP mendonasikan RplOO dari setiap buku terjual untuk menyediakan buku

buku ke tempat baca atau perpustakaan umum kecil di daerah terpencil di Indonesia. BFF membuat BIP dapat menjangkau anak-anak yang tidak mampu membeli buku untuk dibaca. Ini merupakan usaha BIP dalam berbagi pengetahuan terhadap anak yang kurang mampu. BIP percaya setiap anak berhak untuk mendapatkan pengetahuan baik yang kaya maupun yang miskin.

Sebagai sebuah perusahaan yang berada di bawah naungan Kompas Gramedia, BIP mempunyai keistimewaan untuk men-display buku-buku terbitannya di Gramedia di seluruh Indonesia. Selain di GTamedia, buku-buku BIP juga tersedia di gerai modem lainnya. Untuk menjangkau semua kalangan, BIP menj ual buku digital di Scoop, yang merupakan toko buku di gital terkemuka di Indonesia. Agar tidak ketinggalan tantangan di dunia digital saat ini, BIP selalu berada di garis depan dalam berinovasi dengan menggunakan teknologi digital untuk menciptakan pengalaman membaca yang unik.

BIP akan terus memperluas pasar dengan membangun kerja sama internasional, salah satunya dengan selalu mengunjungi pameran buku internasional, seperti F rankfurt Book Fair, Bologna Children Books Fair, Seoul Book Fair, dan Bucheon International Comic Festival. Beberapa copyright buku anak BIP telah terj ual ke Vietnam, Malaysia, dan India. Buku-buku tersebut adalah buku lokal yang ditulis oleh penulis buku anak Indonesia. Kerja sama ini memperkuat identitas BIP sebagai penerbit buku anak terkemuka di Indonesia.

Bagikan :