Terkait Pengadaan Bis Sekolah Dan Beasiswa, Lintas Generasi Mian Batui Dan Lembaga Adat Batui Serta PT DSLNG Akan Temui Pemkab Banggai

Bagikan :

BATUI, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Dimotori Lintas Generasi Mian Batui (LGMB) dan Lembaga Adat Batui, sekitar dua ratus orang masyarakat Kecamatan Batui, Kamis (19/09), dibawah koordinator lapangan (Korlap) Fadil Abd Wadud dan Sukran Hi. Haran, menggelar aksi unjuk rasa (unras) dengan melakukan long mars.

Dilepas perangkat adat Batui, Bosanyo Thalib Agama, mengambil awal long mars dari pasar Desa Uso menuju lokasi PT Donggi Senoro (DS) LNG, dengan membawa kain merah sebagai lambang adat batui dan gong, serta kain putih berisikan petisi 1000 tanda tangan masyarakat dan pelajar batui.

Dalam aksi ini, massa menuntut PT DS LNG untuk segera merealisasikan janji bantuan bis sekolah dan beasiswa bagi pelajar tidak mampu di Kecamatan Batui.

Terkait tuntutan massa, unsur Forkopimcam Batui, terdiri dari Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Batui, Danramil Batui, Kapten Inf Herman, dan Kapolsek Batui, IPTU Chandra, SH, berinisiatif menggelar pertemuan di Balai Desa Uso guna membahas tuntutan massa.

Dalam pertemuan ini diputuskan bahwa unsur Forkopimcam Batui harus menemui pihak menejemen LNG agar dipertemukan dengan penggelar aksi bersama dengan tokoh masyarakat/perangkat adat.

Saat menemui menejemen perusahaan PT DS LNG, unsur Forkopincam Batui diterima oleh Ardya Yossi Kusuma, dan menyepakati menggelar pertemuan antara unsur Forkopimcam Batui, dan para tokoh masyarakat dan adat Batui, dan menejemen petusahaan diruang security PT. DSLNG.

Pertemuan yang dihadiri perwakilan Menejemen PT DSLNG, Ardya Yossy Kusuma; tokoh masyarakat Batui, Asgar Dg. Hana dan Aswadi Du’u; Ketua Perangkat Adat Batui, Baharudin Hi. Saleh; Bosanyo Batui, Thalib Agama, tokoh adat Batui, Sahrin Undu, beserta korlap Sukran Hi. Haran dan Muh. Fadel Abd. Wadud, akhirnya menghasilkan risalah kesepakatan.

Dalam kesepakatan disebutkan bahwa pihak PT DSLNG sangat netral dan selama ini selalu mengikuti arahan Pemerintah Kabupaten Banggai.

Tak hanya itu, dalam risalah kesepakatan juga disebutkan bahwa pihak unsur pemerintah Kecamatan Batui (Sekcam, Kapolsek dan Danramil) berinsiatif untuk berkoordinasi dengan Pemkab Banggai dan mengikut sertakan perangkat/lembaga adat Batui dan generasi Batui serta pihak PT DSLNG dalam waktu secepatnya tentang pengadaan kendaraan bagi anak-anak sekolah yang ada di Kecamatan Batui.

Sedangkan persoalan terkait beasiswa terhadap warga yang kurang mampu, PT DSLNG menyarankan kepada warga untuk segera membuat proposal.

Hasil pertemuan tersebut juga menjadi acuan oleh LMBG untuk mencapai tujuan tuntutan selama yang selama ini diperjuangkan. Dan apabila berusahaan dan Pemkab Banggai tidak menerima tuntutan tersebut, LMBG berjanji akan melaksanakan unras dengan membawa massa lebih besar dari sebelumnya.(dewi/adm)

Bagikan :