Walikota Padangsidimpuan Hadiri Gelaran Teknologi Tepat Guna Di Bengkulu.

Bagikan :

Padangsidimpuan, MPI. Irsan Efendi Nasution SH Walikota Padangsidimpuan hadiri Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XXI, dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDeskel) Tahun 2019 di lapangan sport center pantai panjang Kota Bengkulu, Minggu (22/09).

Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 21 – 25 September 2019 tersebut, dibuka oleh Kementerian Desa, Pengembangan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo.

GTTGN merupakan perhelatan tingkat nasional, yang bisa menjadi instrumen bagi inovator untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa melalui berbagai temuan yang berbasis kearifan lokal.

Dalam sambutannya, Eko Putro Sandjojo menjelaskan bahwa sejak tahun 2015 Presiden Joko Widodo telah mengalokasikan anggaran dana desa sebesar Rp. 257 triliun. 

” Saya banyak mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Provinsi beserta jajarannya di seluruh Indonesia, yang telah ikut serta menyukseskan program dana desa ini, hingga saat ini dana desa bisa memberikan dampak yang seperti kita lakukan dan menjadi contoh untuk desa tertinggal lainnya,” kata Eko.

Program dana desa ini telah mampu meningkatkan pendapatan masyarakat desa hampir 50℅ dalam kurun waktu 4 tahun. 

Kemudian untuk pertama dalam sejarah di Indonesia, penurunan kemiskinan di desa lebih kecil dibandingkan dengan jumlah kemiskinan di kota. 

” Dalam pengalokasian program dana desa pada 4 – 5 tahun yang akan datang, Presiden Joko Widodo akan menaikkan anggaran dana desa dari Rp. 257 triliun menjadi Rp. 400 triliun,” Ucapnya.

Untuk sekarang sudah lebih dari 4700 Bumdes yang terbangun di seluruh desa di Indonesia, dan sudah banyak menciptakan teknologi-teknologi tepat guna. 

Teknologi ini diciptakan untuk membuat hidup lebih mudah, sehingga orang yang tidak berpendidikan pun bisa menjadi lebih produktif dengan adanya teknologi.

Sementara itu Usai acara pembukaan Walikota Padangsidimpuan menyempatkan diri mengunjungi Stand dari Provinsi Sumatera Utara, sebelum sampai di stand Provsu Walikota sempat singgah di stand mobil Nasional Esemka & beberapa stand daerah lainnya.

“Kegiatan ini sangat bagus, selain mendorong pengembangan teknologi tepat guna, juga dapat menjadi inspirasi masyarakat untuk terus berinovasi menghasilkan produk yang memiliki nilai tambah bagi masyarakat,” ujarnya.

Irsan Efendi berharap banyak ilmu maupun teknologi yang dapat diserap & dapat kita terapkan nantinya ke Kota Padangsidimpuan.

” Sehingga BUMDES, kelompok Tani maupun UMKM dapat berkembang & memiliki daya saing juga, demikian juga para pengerajin pengerajin kita, salah satuya sauvenir dari berbagai jenis,” Tutur walikota Irsan Efendi Nasution.
(Erijon DTT).

Bagikan :