UNIVERSITAS BONDOWOSO, PERGURUAN TINGGI YANG DI ANAK TIRIKAN

Bagikan :

BONDOWOSO, MPI
Universitas Bondowoso (UNIBO) Seyogyanya menjadi kebanggaan masyarakat Bondowoso. Namun pada kenyataannya perguruan tinggi yang berdiri sejak 10 Desember 1982 ini menjadi perguruan tinggi yang dipandang sebelah mata, padahal Unibo pernah mencapai masa kejayaannya pada dekade 2000-2010.
Hal ini diakui oleh Drs. R. Masduki MM, salah seorang dosen sekaligus keponakan pendiri Unibo. Saat ditemui wartawan dikediamannya di Perum Arta Karya I Senin, (23/09/2019) pria kelahiran lamongan ini bercerita panjang lebar.
“Universitas Bondowoso ini adalah perguruan tinggi tertua dan satu-satunya Universitas yang ada di Bondowoso. Seharusnya pemerintah memberikan perhatian khusus karena ini adalah ikon Bondowoso. Bahkan menurut saya sangat layak diperjuangkan statusnya supaya bisa menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Kenyataannya kan, tidak demikian.” Kata Masduki.
Saat ditanya kenapa akhir-akhir ini Unibo seakan tenggelam namanya, Bapak dari seorang putera ini mengatakan kalau hal itu buah dari konflik berkepanjangan.
“Unibo itu pernah berjaya dari tahun 2000 sampai 2010. Jumlah mahasiswanya mencapai 1500-an orang. Mulai tahun 2011 terjadi konflik internal. Perebutan jabatan rektor hingga terjadi dualisme kepemimpinan. Dari situ kehancuran itu bermula.” Ungkap Masduki.
Lebih jauh Masduki mengatakan, efek dari perebutan jabatan tersebut dampaknya masih terasa sampai sekarang. Dulu Unibo pernah punya cadangan dana taktis sebesar 8 milyard dan sekarang dana tersebut tak jelas kemana larinya.
“Sebetulnya hal ini perlu diusut tuntas karena menyangkut trust (kepercayaan) masyarakat. Kalau dana segitu besarnya tidak bisa dipertanggung jawabkan bagaimana masyarakat mau percaya dengan kita,” katanya dengan nada kecewa.
“Perlu langkah berani untuk menguak kebobrokan Unibo untuk kemudian membenahinya kembali. Sehingga cita-cita para pendiri Unibo bisa terwujud, dan hal ini kami membutuhkan dukungan teman-teman dari media.” Lanjut Masduki.
Disinggung soal perhatian pemerintah, Masduki menyayangkan sikap pemerintah sebelumnya yang terkesan pragmatis.
“Jujur saya kecewa dengan pemerintahan sebelumnya. Mengapa dengan perguruan tinggi dari luar daerah beliau bisa begitu wellcome sedangkan terhadap Unibo yang jelas-jelas membawa nama Bondowoso tidak ada perhatiannya sama sekali. Saat ini sudah banyak perguruan tinggi di Bondowoso, namun yang berstatus universitas yang asli Bondowoso kan Cuma Unibo, ini yang seharusnya menjadi perhatian pemerintah kedepan.” Pungkasnya.(Agus)

Editor:Hamdanil

Bagikan :