Sambut HUT Ke-74 TNI, 253 Prajurit di Wilayah Medan Donorkan Darah

Bagikan :

MPI, Medan – Sedikitnya 253 Prajurit TNI dari tiga matra di wilayah Medan melaksanakan donor darah yang dipusatkan di Rumkit Tk II Putri Hijau, Kesdam I/BB, Jln Putri Hijau Medan, Selasa (24/9/2019).

Aksi sosial donor darah yang digelar dalam rangka menyambut HUT ke-74 TNI Tahun 2019 di wilayah Medan ini merupakan hasil kerja sama Rumkit Tk II Putri Hijau Kesdam I/BB dengan PMI Kota Medan serta TNI AU wilayah Medan sebagai panitia persiapan menyambut HUT.

Sejumlah pejabat utama dari tiga matra TNI di Kota Medan turut hadir di acara ini. Antara lain, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Untung Budiharto, Kadilmilti I Medan, Brigjen TNI Tama Ulinta Tarigan, SH, MKM, Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Abdul Rosyid Kacong (diwakili), Pangkosekhanudnas III, Marsma TNI Djohn Amarul, SAB (diwakili), Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto, Kakesdam I/BB, Kolonel Ckm dr Sutan, Aspers Kasdam I/BB, Kolonel Inf Djonne Ricky Lumintang, Danyonmarhanlan I Belawan, Letkol Mar James Munthe, Karumkit Tk II Putri Hijau Kesdam I/BB, Letkol Ckm dr M Ihsan, SpKK serta para pejabat militer lainnya.

Dalam sambutan tertulis Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah yang dibacakan Aspers Kasdam I/BB disebutkan, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan memeringati HUT ke-74 TNI tahun 2019.

“Kegiatan donor darah ini juga sebagai wujud kepedulian Prajurit TNI di wilayah Medan dan sekitarnya yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan darah,” ucap Pangdam.

Pangdam berharap, kegiatan mulia ini benar-benar bisa membantu warga yang membutuhkan darah, terutama untuk menyelematkan nyawa bagi mereka yang membutuhkan darah.

“Setetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi kondisi kesehatan seorang pasien, bahkan dapat menyelamatkan jiwanya,” ungkap Pangdam.

Di kesempatan ini, Pangdam berharap, kegiatan donor darah ini tidak berhenti sampai di sini, namun perlu lebih dibudayakan serta dilaksanakan secara rutin sesuai ketentuan medis, baik yang dilakukan secara bersama, maupun perorangan,” pungkas Pangdam seperti disampaikan Aspers Kasdam I/BB.

Sementara, Danlanud Soewondo Medan, Kolonel Pnb Meka Yudanto sebagai pihak penyelenggara donor darah menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian dalam menyambut HUT ke-74 TNI tahun 2019, di samping kegiatan karya bakti ke TMP Bukit Barisan, dan anjangsana ke panti sosial di wilayah Kota Medan.

Senada dengan Pangdam, Danlanud Soewondo juga berharap aksi donor darah di kalangan Prajurit TNI bisa menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari.

“Donor darah seperti ini tidak saja memberikan banyak manfaat, baik bagi penerima ataupun bagi pendonor. Tetapi juga mengandung nilai-nilai ibadah, sehingga perlu dibudayakan tidak saja di kalangan Prajurit TNI, namun juga masyarakat luas,” jelasnya.

Usai membuka acara, Kasdam I/BB bersama Danlanud Soewondo serta perwakilan Danlantamal I Belawan, Pangkosekhanudnas III dan Aspers Kasdam I/BB dengan didampingi Karumkit Tk II Putri Hijau Kesdam I/BB, melakukan peninjauan para Prajurit TNI yang melakukan donor darah.

Selain memberi semangat dan motivasi, Kasdam I/BB juga ikut mendonorkan darah. Kasdam I/BB menjelaskan, donor darah yang dilakukan Prajurit TNI adalah wujud kepedulian dalam membantu memenuhi stok darah di PMI.

“Mudah-mudahan, dengan ikut sertanya Prajurit TNI menjadi pendonor, maka pemenuhan stok darah di Kota Medan melalui PMI akan tercukupi, sehingga warga masyarakat yang membutuhkan tidak lagi mengalami kesulitan untuk memperoleh darah,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara, antara lain para Perwira Staf Kodam I/BB, Ketua Persit KCK PD I/BB (diwakili), Ketua Jalasenastri Lantamal I Belawan, Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Kosekhanudnas III beserta pengurus daria masing-masing jajaran.

Sumber: Pendam I/BB

( Redaksi )

Editor:Pairin

Bagikan :