Meriahkan HUT Ke-74 TNI, Kodam I/BB Gelar Lomba Pidato Bela Negara Tingkat Pelajar

Bagikan :

MPI .Medan – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 TNI Tahun 2019, Kodam I/BB menggelar lomba pidato bela negara dengan peserta para pelajar dari Kota Medan sekitarnya, Kamis (26/9/2019).

Lomba yang digelar di Atrium Ringroad City Walk Medan, Jln Gagak Hitam ini mengangkat tema “Melalui Kegiatan Komsos Kreatif, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara serta Menjaga, dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI”.

Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah melalui Asisten Teritorial Kasdam I/BB, Kolonel Inf Parluhutan Marpaung yang juga ketua panitia acara menjelaskan, lomba pidato bela negara ini bertujuan untuk membangkitkan semangat cinta tanah air pada diri setiap pelajar yang merupakan generasi muda penerus masa depan Bangsa Indonesia.

“Melalui lomba ini, diharapkan akan terbentuk karakter pelajar yang nasionalis dan berjiwa patriotis yang siap membela Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan segala daya dan upaya yang dimilikinya,” ucap Aster Kasdam I/BB.

Di kesempatan yang sama, Aster Kasdam I/BB berpesan kepada seluruh peserta lomba untuk menampilkan kemampuan terbaiknya, sehingga nantinya bisa memberikan kebanggaan baik kepada sekolah tempat menimba ilmu, maupun kepada kedua orang tua yang telah membesarkan, dan kepada diri pribadi.

“Semoga melalui perlombaan ini, kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat, khususnya para pelajar sebagai generasi milenial, akan terbangun semakin kokoh, sehingga bersama Rakyat TNI akan semakin kuat dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan Negara dan Bangsa Indonesia,” ungkap Kolonel Marpaung.

Ditambahkan Koordinator Umum Panitia Acara Lomba Pidato Bela Negara, Letkol Kav Feri Lahe, perlombaan mengemas materi tentang Bela Negara, pelestarian nilai-nilai Pancasila, dan cegah tangkal radikalisme/separatisme.

Selain lomba pidato bela negara dalam rangka HUT ke-74 TNI Tahun 2019, Kodam I/BB juga menggelar serangkaian acara komunikasi sosial (komsos) kreatif lainnya di RCW Medan.

Yakni, lomba menyanyi lagu perjuangan/daerah, fashion show etnik, bakti sosial donor darah, dan pemeran Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan).

Untuk lomba pidato bela negara, kegiatannya digelar sehari penuh pada Kamis (26/9/2019) hari ini.

Kemudian untuk fashion show etnik diselenggarakan pada Jumat (27/9/2019) besok. Begitu juga dengan bakti sosial donor darah, kegiatannya telah digelar dalam sepekan terakhir di seluruh satuan di jajaran Kodam I/BB.

Sedangkan pameran Alutsista yang di antaranya menampilkan sejumlah kendaraan tempur (Ranpur) maupun persenjataan berat dari Yonkav 6/NK, Yonif Raider 100/PS, Yonarmed 2/105 KS, Yonarhanud 11/WBY, dan Yon Zipur 1/DD.

Seperti penyelenggaraan pameran Alutsista di tahun-tahun sebelumnya, di ajang kali ini warga Kota Medan kembali dipersilakan untuk datang dan melihat langsung apa saja persenjataan yang dimiliki TNI di wilayah Kodam I/BB.

“Kegiatan pameran Alutsista ini sebagai bentuk pertanggungjawaban institusi TNI kepada Rakyat dalam penggunaan anggaran negara,” tutup Aster Kasdam I/BB, Kolonel Inf Parluhutan Marpaung.

Sumber: Pendam I/BB

( Redaksi )

Editor:Pairin

Bagikan :