PENGAWAS BIDANG SEKOLAH DASAR MENGELUH KARENA SETIAP KEGIATAN TIDAK DILIBATKAN DI INDRAMAYU

Bagikan :

Indramayu, MPI

Kegiatan pengawas sekolah dalam memberi bantuan profesional kepada guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran; sedangkan pengawasan manajerial adalah kegiatan pengawas sekolah dalam memberi bantuan profesional kepada kepala sekolah dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan.

Berkaitan dengan Jabatan fungsional pengewas dan angka kreditnya, pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan dan RB) Nomor 21 Tahun 2010 yang telah diubah terakhir dengan Permenpan dan RB Nomor 14 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010.
Berkaitan dengan pemenuhan beban tugas kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah terdapat dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.

KWK BP (koordinator wilayah kerja Bidang Pendidikan) pengawas tidak pernah dilibatkan dalam kegiatan apapun oleh Dinas Pendidikan di Indramayu. Pengawas-pengawas disetiap sekolah dasar merasa diabaikan dalam tugas dan tupoksi pekerjaan disebabkan didominasi pihak Dinas Pendidikan.

Permasalahanya ini telah berlarut-larut tidak ada ujungnya dan pengawas merasa makan gaji buta sehingga KWK BP tidak ada artinya. Pengawas sektor Jatibarang berinisial (S), mengatakan itu baru dalam pengawasan belum lagi kegiatan-kegiatan dinas yang terjadi diduga adanya pemungut dana untuk perpanjangan jabatan guru atau kepala sekolah di dunia pendidikan pengawas sekolah sudah sangat familier dikenal mulai oleh masyarakat awam ataupun masyarakat yang memang berkecimpung dalam dunia pendidikan.

Namun demikian keberadaan pengawas sekolah masih menjadi pembahasan tersendiri di dalam pelaksanaan sebuah proses penyelenggaraan pendidikan mulai ditingkat sekolah hingga tingkat yang lebih tinggi. Keberadaan pengawas sekolah sering kali masih dipandang sebelah mata oleh orang atau sekelompok orang yang nota bene orang atau sekelompok orang tersebut sebenarnya merupakan bagian dari proses penyelenggaran pendidikan itu sendiri.

S menambahkan birokrasi yang terjadi di Dinas Pendidikan, Bidang sekolah Dasar diKepalai Malik, kasi pembinaan Guru Sukenda telah mengatur mana yang masih kompenten dalam mendidik atau menjabat suatu jabatan berdedikasi serta loyal terhadap pimpinan sehingga mereka masih layak duduk di jabatan itu.

Mutasi jabatan dikalangan pendidikan yang digelar 147 pegawai, hanya 100 pegawai sekolah dasar yang dibebani 5 sampai 7 juta perkepala bervariasi disetiap sektor. Yang setiap guru atau kepala sekolah ingin atau tetap disuatu jabatan.

Cara pandang yang kurang tepat terhadap “Pengawas Sekolah” tersebut tidak bisa disalahkan seratus persen atau juga dibenarkan seratus persen. Diakui atau tidak memang keberadaan pengawas sekolah masih belum maksimal kontribusinya dalam proses penyelenggaran pendidikan.

Untuk merubah cara pandang yang kurang tepat terhadap keberadaan pengawas sekolah tersebut perlu dijabarkan tentang beberapa hal : Pengertian pengawas sekolah Dilihat dari segi bahasa, pengawas sekolah terdiri dari dua kata, yaitu ; pengawas dan sekolah. “Pengawas” adalah orang yang melakukan pengamatan dengan melihat secara langsung atau tidak langsung. Sedangakan “sekolah” adalah lembaga atau tempat diselenggarakannya kegiatan belajar mengajar. Sehingga “pengawas sekolah” dapat diartikan : orang yang mengamati dengan melihat secara langsung ataupun tidak langsung sebuah lembaga atau tempat diselenggarakannya kegiatan belajar mengajar.

Dan di dalam Peraturan Pemerintah Nomor : 74 tahun 2008 disebutkan bahwa “pengawas sekolah” adalah guru pegawai negeri sipil yang diangkat dalam jabatan pengawas sekolah. Kemudian di dalam Permen PAN & RB No. 21 Tahun 2010 Pasal 4 disebutkan “pengawas sekolah” merupakan Pejabat Karier yang hanya dapat di duduki oleh guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil.

Dari pengertian di atas, sudah jelas yang dimaksud dengan pengawas sekolah. Bahwa pengawas sekolah adalah sebuah jabatan karir yang hanya dapat diduduki oleh seorang pegawai negeri sipil dari guru. Pengawas sekolah merupakan guru pegawai negeri yang diangkat oleh pejabat yang berwenang yang nantinya akan melakukan pengamatan dengan melihat baik secara langsung atau tidak terhadap objek yang diawasi yaitu; sekolah yang merupakan lembaga penyelenggara pendidikan.(Deswin Nazamudin)

Bagikan :