Pindah Satuan Sebagai Upaya Pembinaan Karir Prajurit

Bagikan :

MPI, Pada hari Rabu, 24 September 2019, 7 personel Bintara Yonkav 6/NK melaksanakan pindah satuan, bertempat di Mako Yonkav 6/NK Jl. Bunga Raya Kel. Asam Kumbang Medan.

Tradisi korp raport pindah satuan merupakan hal yang sudah biasa dilaksanakan oleh satuan Banpur untuk melepas prajuritnya. Pada kesempatan ini Danyonkav 6/NK Mayor Kav Jackie Yudhantara,S.Sos. M.Han memimpin langsung tradisi korps raport pindah satuan tujuh prajuritnya. Tujuh personel Bintara Yonkav 6/NK merupakan lulusan Diktukbareg Tahun 2019 dari 30 personel Yonkav 6/NK yang baru saja menyelesaikan pendidikan Diktukbareg Tahun 2019. Acara diawali dengan laporan korp raport pindah satuan kepada Danyonkav 6/NK, pemberian piagam penghargaan secara simbolis, tradisi penciuman lambang Satuan Yonkav 6/NK dan dilanjutkan pemberian ucapan selamat bagi personel dan keluarganya yang pindah satuan serta kemudian diakhiri dengan tradisi mengendarai Panser Anoa hingga sampai ke pintu gerbang terluar Ksatriaan Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata. Para Bintara Yonkav 6/NK yang pindah satuan ini akan menempati tempat dinas yang baru diantaranya 1 personel Bintara ke Kodiklatad, 1 personel Bintara ke Kodam Jaya, 2 personel Bintara ke Kodam II/Sriwijaya, 4 personel Bintara ke Kodam IV/Diponogoro.

Dalam sambutannya, Danyonkav 6/NK Mayor Kav Jackie Yudhantara,S.Sos. M.Han menjelaskan, “Kegiatan upacara tradisi pindah satuan ini merupakan hal yang biasa dilaksanakan dan merupakan bagian dari dinamika organisasi demi kelancaran pelaksanaan tugas pokok organisasi TNI AD, khususnya di Yonkav 6/NK. Acara pelepasan ini merupakan salah satu hal yang luar biasa bagi saya dimana saya harus melepas tujuh orang Bintara terbaik, dari total 30 Bintara Yonkav 6/NK yang lulus dari pendidikan Diktukbareg, dimana tentunya kedepan mungkin akan ada acara pelepasan anggota berikutnya mengingat kebutuhan organisasi satuan kita hanya kekurangan 4 orang personel jabatan Bintara. Untuk ketujuh personel yang melaksanakan pindah satuan saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang tulus kepada para Bintara yang pindah satuan atas pengabdian selama di satuan Yonkav 6/NK maupun kepada para Persit nya yang selama ini telah mendukung setiap kegiatan suami maupun kegiatan Persit di satuan ini. Selamat bertugas di satuan yang baru dan jadikan tugas dan jabatan di satuan yang baru sebagai amanah yang kelak akan dipertanggungjawabkan, dan kepada prajurit yang pindah satuan agar senantiasa selalu menjaga nama baik almamater Yonkav 6/NKk dimanapun berada, serta sampaikan salam hormat saya kepada Komandan Satuan kalian yang baru nanti.”

Tradisi pelepasan ini merupakan salah satu upaya untuk menanamkan rasa kebanggaan terhadap satuan yang dicintai, selain itu juga sebagai penghormatan dan penghargaan untuk anggota yang pindah satuan karena selama berdinas di Yonkav 6/NK mereka telah mencurahkan segala usaha dan upaya demi kesuksesan dan kemajuan satuan. Acara tradisi korps raport pindah satuan ini turut dihadiri oleh Wadan, Para Perwira Staf, Para Danki beserta anggota Kompi dan Ketua Persit KCK Cab XIII Yonkav 6 beserta Pengurus Persit KCK Cab XIII Yonkav 6.

( Redaksi )

Editor:Pairin

Bagikan :