PEKERJAAN NORMALISASI DAN BANGUNAN PINTU AIR DI DUGA BERMAIN SPEK PEKERJAAN

Bagikan :

Indramayu, MPI
Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Indramayu,H. Omasyah.BAE. S.Sos. MM, melalui Bidang PSDA H.Khafidun akan melakukan memfungsikan kembali kali Cimanuk lama yang telah lama tidak berfungsi. Untuk itu perlu adanya normalisasi saluran sungai dengan membersihkan tanaman eceng gondok dan menguras endapan lumpur yang tercampur dengan air sungai.
Untuk mengurangi endapan lumpur dan mengurangi sendimentasi di sungai cimanuk lama sampai kebendungan karet Berondong, untuk dapat agar air bisa mengalir kemuara semoga tidak ada masalah.Endapan sendimen air yang mengalir bercampur dengan air sungai, sehingga air yang masuk ke Waduk Bojong sudah jernih, hal ini dilakukan PUPR agar alur sungai cimanuk lama di daerah perkotaan Indramayu tidak terjadi sendimentasi.

Mulai musim penghujan, infrastruktur pengairan disejumlah lokasi dari pantauan tidak akan siap dengan adanya lonjakan debit air dibeberapa daerah aliran sungai disebabkan dangkal aliran sungai. Kekurangan air irigasi pada sawah mereka akibat pendangkalan dan penyempitan sungai.

“Sumber dana pekerjaan Rehabilitasi pemeliharaan embung dan bangunan penampung , normalisasi long storage lumpur dari dana APBD Kabupaten Indramayu TA 2019 sekira Rp.763.553000. CV Berdikari dan CV Vanly Rp. 383.484.000 Pekerjaan kemungkinan sudah dimulai. Saat ini masih berjalan kata Kepala DPUPR, H. Omarsyah bersama Kabid Pengembangan Sumber Daya Air (PSDA), H. Khafidun dan kabid Hasim ST, dikantornya.

Kabid PSDA Kafidum saat mau ditemui pihak media sulit ditemuin, melaui Kasi Penanggulangan PSDA Hasim ST, mengatakan bahwa pekerjaan normalisasi dari bantaran sampai kedalaman air berkisar 3 meter, panjang 120 meter, lebar 40-50 meter. Lebar pintu air kanan 2 meter dan kiri 2 meter. Barangkali mau ada yang meriksa atau mengukur coba aja nyelem dan silahkan diperiksa pekerjaan itu, tegasnya.

Selain melajutkan pekerjaan sungai cimanuk, pihaknya juga akan membangun dan merehabilitasi cimanuk lama dan embung, penanganan tanggul kritis, pemasangan pintu dan normalisasi sungai Cimanuk Lama.

Namun dalam pelaksanaanya pekerjaan ada yang bermain baik dalam pekerjaan normalisasi long storagi maupun bangunan pintu air.

“Untuk itu dalam penglihatan mata media bahwa pekerjaan yang sekarang sedang dikerjakan tidak dapat menjamin benar”, ketersediaan air baku pertanian di wilayah Kabupaten Indramayu dan air baku PDAM, serta menaikan tinggi muka air kami dan kolam lumpur dan membangun serta merenovasi embung. Semuanya masih dalam perkiraan.(Deswin Nazamudin)

Bagikan :