Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kasdim 1308/LB: “Pancasila Sumber Kekuatan NKRI”

Bagikan :

LUWUK, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mesiapatriot.co.id_Pancasila merupakan sumber kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini diungkapkan Dandim 1308/Luwuk Banggai, Letkol Inf Nurman Syahreda, SE, melalui Kasdim 1308/LB, Mayor Inf Red Abner Patambo, Selasa (01/10), usai menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilingkup Kodim 1308/LB.

“Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kasdim mengatakan pelaksanaan upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila, 01 Oktober, yang digelar setiap tahun, bertujuan untuk mengenang sejarah atas gugurnya putra-putra terbaik bangsa akibat dari tragedi Gerakan 30 September oleh Partai Komunis Indonesia pada tahun 1965 atau yang disebut G30S/PKI.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan satu bentuk kebulatan tekad bagi prajurit TNI AD untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” tandasnya.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019 dilingkup Kodim 1308/LB yang digelar pukul 06.50 Wita, di lapangan Apel Makodim 1308/LB, jalan Samratulangi, Kelurahan Bungin, Kecamatan Luwuk, berlangsung dengan khidmat.

Kasdim 1308/LB, Mayor Inf Red Abner Patambo, bertindak sebagai Inspektur upacara. Dengan Komandan upacara, Pasi Ops kodim 1308/LB, Kapten Inf Ardiansyah; Perwira upacara, Pasi Pers Kodim 1308/LB, Kapten Inf Ramli; pembawa acara, staf pers Kodim 1308/LB, Sertu Reindy O. Lutang, dan Perwira keamanan, Serma J. Ferry, Baops Unit Intel Kodim 1308/LB.

Dalam upacara ini, dilakukan pembacaan ikrar dari Kepala Staf TNI AD yang dibacakan oleh Bati Komsos Kodim 1308/LB, Pelda Armin Karman. Pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Pasi Intel Kodim 1308/LB, Lettu Inf Dumanauw Lahope, dan pembacaan doa oleh Babinsa Koramil 1308-01/Luwuk, Serda Alimuddin.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila lingkup Kodim 1308/LB diikuti oleh 1 Kelompok Perwira Kodim 1308/LB dan Perwira Balakaju, 2 SST Bintara dan Tamtama Kodim 1308/LB, 1 SST Kipan C Yonif 714/SM, 1 Kelompok Unit Intel dan PNS Kodim 1308/LB.(dewi/adm)

Ikrar dari Kepala Staf TNI AD :
Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya :

1. Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan NKRI pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap NKRI.

2. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

3. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bagikan :