Wakapolda Jabar : Peran Humas Sangat Penting Dalam Menghadapi Perkembangan Dunia Maya.

Bagikan :

Bandung, MPI. Wakapolda Jabar Brigjen. Pol. Dr. Akhmad Wiyagus,mewakili Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi membuka secara resmi Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Humas Tahun Anggaran 2019.

Hadir dalam kesempatan tersebut para pejabat utama Polda Jabar, para narasumber, Personel Bid Humas Polda Jabar, dan para Kasubbag Humas Polres/Ta/Tabes jajaran Polda Jabar.

Rakernis tersebut belangsung selama dua hari dengan thema “Strategi Manajemen Kehumasan Melalui Pengembangan Kapasitas Organisasi Dalam Mewujudkan Polri Yang Promoter.”

Dalam amanat Kapolda Jabar yang dibacakan oleh Wakapolda Jabar, dikatakan bahwa perkembangan media, tekonologi informasi dan komunikasi di Indonesia berkembang pesat.

” Terutama dalam penggunaan internet dalam kehidupan sehari–hari yang dapat mempermudah pekerjaan, sarana komunikasi, menambah wawasan pengetahuan, bahkan sebagai sarana bisnis untuk pencari penghasilan tambahan”.

Akan tetapi kehadirannya dapat menimbulkan dampak negatif, seperti munculnya berbagai kejahatan cyber, penyebaran pornografi, penipuan via internet, penyebaran berita hoax, isu sara dan lain – lain.

Hal ini akan mengakibatkan tuntutan kepada kepolisian menjadi semakin meningkat, khususnya jajaran Humas Polri.

Karena saat ini, dapat dikatakan jajaran Humas Polri adalah polisi berseragam yang ikut hadir di dunia maya. Maka tugas fungsi humas bukan lagi sekedar menjadi juru bicara dan sekedar menjaga citra Polri, melainkan juga dibebani tugas tambahan untuk menjaga situasi Kamtibmas di dunia maya agar tetap terjaga.

Karena sudah tidak dapat dipungkiri lagi situasi yang terjadi di dunia maya, berdampak kepada situasi di dunia nyata, maka dari itu, strategi humas saat ini sangatlah dibutuhkan dalam menghadapi perkembangan informasi di dunia maya yang berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap berlangsungnya harkamtibmas.

khususnya menjelang tahapan akhir Pemilu 2019, yaitu pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih serta pelantikan anggota legislatif.
(Penmas Polda Jabar).

Editor. : Rie.

Bagikan :