Sektor 8 : Subsektor Cilampeni Siapkan Lahan Sepanjang Bantaran Untuk Penanaman Pohon Keras Dan Vertiver.

Bagikan :

Kab Bandung, MPI. Musim kemarau panjang membuat bantaran Citarum kering dan tandus, kondisi seperti ini dimanfaatkan satgas Citarum sektor 8 untuk membersihkan sampah plastik di bantaran sungai.

Selain membersihkan berbagai macam sampah, satgas juga membuat lubang untuk persiapan penanaman ketika masuk dimusim penghujan, terutama bibit pohon keras dan Vertiver.

Menurut Serka Herman, sebelum ditanami pohon keras, satgas sebelumnya membersihkan dulu lahannya dari sampah plastik dan kain.

” Sampahnya terlalu banyak, satu meter persegi bisa menghasilkan 2 karung sampah plastik dan kain,” Ujar nya, Rabu (2/10).

Saat ini lahan yang sudah dibersihkan mencapai 300 meter, sementara sampah nya langsung dibakar.

Mewakili Dansektor 8 Kolonel Inf Belyuni H, Dansubsektor Cilampeni Pelda Rusman menyampaikan, setelah dibersihkan, kita akan siapkan lubang buat penanaman.

” Lubang itu nanti akan dicampur dengan pupuk kandang, jadi tidak mendadak dan ketika ditanam tanahnya sudah gembur,” Tuturnya.

” Jenis pohon yang akan ditanam selain buah buahan, juga pohon mahoni, sementara Vertiver sebagian sudah mulai ditanam”.

Subsektor Cilampeni saat ini mempunyai bibit Vertiver sebanyak 10 ribu polibek,,” Cukup untuk memperkuat bantaran Citarum sampai batas Desa,” Ucap Pelda Rusman.

Selain pembibitan Vertiver, Terlihat juga penyemaian tanaman hias,” Tanaman hias ini nanti untuk dibagikan kepada warga”.

” Alhamdulillah semua tumbuh subur, setiap pagi dan sore hari, selalu dilakukan penyiraman, termasuk taman yang sudah ada pun harus tetap hijau,” Pungkas Dansubsektir Cilampeni.
(Rie).

Bagikan :