DANLANTAMAL XIV HADIRI PENYEMATAN BREVET KEHORMATAN KOPASKA KEPADA PANGKOARMADA III

Bagikan :

MPI, Sorong, 03 Oktober 2019. Danlantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani hadiri Penyematan Brevet Kehormatan Kopaska Kepada Pangkoarmada III Laksda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M. dengan upacara yang bertempat di depan Kantor Satrol Lantamal XIV Jl. Bubara No. 01 Kota Sorong, Prov. Papua Barat.

Sebelum Upacara Penyematan Brevet Kehormatan Kopaska, Pangkoarmada III mengikuti rangkaian kegiatan diantaranya melaksankan penembakan di Pulau Nana dengan on board menggunakan Sea Rider dari Dermaga Lantamal XIV yang didampingi oleh Danlantamal XIV dan dikawal prajurit Kopaska Koarmada III. Usai melaksanakan penembakan di Pulau Nana Pangkoarmada III kembali ke Dermaga Lantamal XIV menggunakan Sea Rider dengan berhenti di tengah laut untuk melaksanakan renang laut kurang lebih sejauh 1,3 Km yang dikawal oleh prajurit Kopaska Koarmada III. Usai melewati rintangan kegiatan tersebut dilanjutkan dengan upacara penyematan brevet kehormatan Kopaska oleh Dansatkopaska Koarmada III Kolonel Laut (E) Joko Andri dan bertindak selaku Komandan Upacara (Danup) Mayor Dominikus

Pangkoarmada III mengatakan “Brevet manusia katak merupakan tanda kecakapan, keahlian profesionalisme seorang prajurit Matra Laut dalam melaksanakan tugas pokok sesuai fungsi sebagai prajurit peperangan laut khusus (naval special warfare). Oleh karena itu penyematan brevet kehormatan “Manusia katak kepada Perwira Tinggi merupakan salah satu tradisi khusus yang melibatkan seluruh Prajurit Kopaska yang ditunjukkan kepada penerima brevet kehormatan melalui sebuah upacara tradisi khas, karena dharma bhakti dan sumbangsih berupa pikiran, tenaga, dukungan, rasa simpatik dan moril untuk perkembangan dan kemajuan Kopaska di masa lalu, saat ini dan masa yang akan datang, dengan semboyan “Tan Hana Wighna Tan Sirna” yang artinya adalah “tak ada rintangan yang tak dapat diatasi”.

Penyematan brevet manusia katak dari satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) Koarmada III, merupakan sebuah kehormatan sekaligus kebanggaan tersendiri bagi saya, karena tidak semua prajurit mendapatkan brevet dengan kualifikasi khusus seperti ini. Kepada Komandan Satuan Pasukan Katak (Dansatpaska) Koarmada III beserta seluruh prajurit, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, yang telah menjadikan saya selaku Pangkoarmada III sebagai warga kehormatan pasukan katak. Semoga penghargaan brevet ini dapat lebih memotivasi saya untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab pembinaan, terhadap satuan Komando Pasukan Katak sebagai bagian dari Koarmada III dengan lebih baik lagi di masa mendatang. “Ujar Pangkoarmada III”.

Hadir pada kegiatan tersebut Danpasmar-3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.E., M.M., Ir Koarmada III Kolonel Laut (T) Shandy Rhondeman, Wadan Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Robertus T. Waskito, S.E., M.M., para Asisten Pangkoarmada III, para Asisten Danlantamal XIV, para Asisten Danpasmar-3, Dandim 1802 Sorong Letkol Inf Budiman, para Kadis/Kasatker Koarmada III, Lantamal XIV, para Perwira, Bintara, dan Tamtama Koarmada III, Lantamal XIV, dan Pasnmar-3..

( Redaksi )

Editor:Pairin

Bagikan :