Peringatan HUT TNI Ke 74 , Tahun 2019 Di Kabupaten Deli Serdang Berlangsung Meriah.

Bagikan :

MPI,  Peringatan HUT TNI ke 74 tahun 2019 di Kabupaten Deliserdang berlangsung meriah di Lapangan Alun-alun Pemkab Deliserdang di Lubukpakam, Sabtu (5/10). Bertindak selaku Irup pada HUT TNI ke 74 tersebut Komandan Kodim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, sedangkan Komandan Upacara Kapt Inf Agus Tua Panjaitan yang juga Danramil 22 Gunung Meriah DIM 0204/DS. diikuti oleh seluruh Prajurit mulai dari BRIGIF 7/RR, Yonif 121/MK, Yonif 122/TS, Yonif 125/SMB, YONARMED 2 dan seluruh personil Koramil dijajaran Kodim 0204/DS.

Peringatan HUT TNI ke 74 di lapangan Alun-alun Pemkab Deliserdang dimeriahkan dengan penampilan drama kolosal berjudul Bara Di Bumi Nusantara oleh siswa SMPN 6 dan 7 Tebing Tinggi itu dihadiri Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar, Bupati Sergai Ir H Soekirman, Kapolres Deliserdang AKBP Edy S Tarigan, Sekdakab Deliserdang Darwin Zein, Wakil Ketua TP PKK Deliserdang Ny Hj Sri Pepeni Handayani, Ketua DWP Ny Herawati Darwin Zein, serta pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam amanat tertulis disampaikan Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin selaku Irup mengatakan sebagai alat negara tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan stretegis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks.

Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan yang agung dan kemajuan tehnologi sangat berguna bagi kehidupan masyarakat juga membawa dampak destruktif di berbagai bidang. Hal ini telah menjadikan konsep peperangan yang tidak terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi.

Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi walaupun tidak menghancurkan tetapi sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Konsep ini mengaburkan filosofi perang konvensional dengan menggeser dimensi waktu karena perang tersebut terjadi dimasa damai ditambah potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. Ancaman militer dan non militer berubah dan TNI harus siap menghadapinya.

Mengghadapi kompleksitas ancaman diatas, menurut Panglima diperlukan postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. Pembangunan postur TNI, lanjut Panglima, meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI itu sendiri.

Disamping itu, juga telah dibentuk satuan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI pada 30 Juli 2019 untuk menyelenggarakan operasi khusus guna menyelamatkan kepentingan nasional di dalam maupun di luar wilayah NKRI serta pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) 1, 2 dan 3 pada 27 September 2019 untuk menyelenggarakan kampanye militer, operasi gabungan dan operasi lainnya dalam arangka melaksanakan tugas pokok TNI.

Dalam melaksanakan tugas pokoknya, lanjut Panglima, TNI harus bahu membahu, sinergi dengan berbagai komponen bangsa lainnya karena dengan berbagai kekuatan yang bersatu itu akan menghasilkan energi luar biasa bagi kemajuan bangsa.

Dalam kesempatan itu, Komandan Kodim 0204/DS juga menyerahkan piagam penghargaan masing-masing kepada Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar dan Bupati Sergai Ir Sukirman.

Usai upacara HUT TNI, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin bersama Wabup Deliserdang HMA Yusuf Siregar dan undangan lainnya menerima defile pasukan TNI

( Redaksi )

Editor:Pairin

Bagikan :