50 Bintara Polda Sulteng Lulus Seleksi PAG

Bagikan :

PALU TIMUR, PALU, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Sebanyak 50 personil Polri dari golongan Bintara di jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) dinyatakan lulus terpilih seleksi Pendidikan Alih Golongan (PAG), dan akan mengikuti pendidikan pengembangan umum (Dikbangum) di Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi.

Hal ini diungkapkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulteng, Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, melalui Wakapolda Sulteng, Kombes Pol Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso, SH, M.Hum, Senin (07/10), melalui pers releasenya.

Sidang kelulusan akhir seleksi PAG dari Bintara ke Perwira Polri tahun 2019 tingkat Panda Polda Sulteng yang dipimpin Wakapolda Sulteng, Kombes Pol Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso, SH, M.Hum, di Aula Torabelo Polda Sulteng, (07/10) pagi.

Sidang kelulusan turut dihadiri Irwasda Polda Sulteng, Kombes Pol Drs. Aries Syarief Hidayat, MM; Karo SDM Polda Sulteng, Kombes Pol Muslikhun, SIK dan sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng lainnya.

Membacakan sambutan Kapolda, Wakapolda mengatakan bahwasanya Kapolda mengingatkan kembali bahwa dalam seleksi PAG, peserta dan panitia telah berkomitmen dan berjanji untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme yang sudah diucapkan pada saat penandatanganan pakta integrtas.

“Komitmen dan janji pada Tuhan wajib dipatuhi guna mewujudkan prinsip seleksi yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis,” tegasnya.

Dalam pelaksanaan sidang kelulusan tingkat daerah, seleksi PAG dari Bintara ke Perwira Polrita TA 2019 sesuai laporan pelaksanan, animo peserta yang mendaftar cukup tinggi dan mencapai 69 orang. Setelah melalui tahapan seleksi hingga tahap sidang kelulusan tingkat Panda, sebanyak 54 orang yang berasal dari berbagai satker dan satwil jajaran Polda Sulteng.

“Sesuai kuota yang diterima dari panitia pusat, Polda Sulteng memperoleh kuota 50 orang, sesuai dengan Dipa Polda Sulteng,” tuturnya.

Untuk itu, kepada peserta dinyatakan lulus terpilih tingkat daerah Kapolda menekankan apa yang harus dilaksanakan dan dipedomani oleh peserta seleksi.

Yakni selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan allah swt dengan senantiasa berdoa dan beribadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

Selain itu, peserta seleksi harus tetap menjaga kondisi fisik dan kesehatan dan bangun terus kepercayaan pada diri serta menyiapkan mental dalam mengikuti pendidikan. Dan meningkatkan disiplin dan menghindari berbagai pelanggaran sebelum dan saat mengikuti pendidikan.

Serta memanfaatkan waktu selama satu bulan di Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi dengan sebaiknya untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, bahkan prestasi yang membanggakan institusi polri, khususnya Polda Sulteng.

“Laksanakan pendidikan dengan penuh keseriusan,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolda juga menghimbau kepada para peserta yang dinyatakan lulus tidak terpilih, agar tidak berkecil hati atau kecewa.

“Jangan kecewa karena belum lulus seleksi. Sebaliknya terus semangat dan meningkatkan persiapan lebih baik lagi untuk mencoba pada kesempatan berikutnya di tahun depan,” tandasnya.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Didik Supranoto, SIK, menambahkan para peserta yang dinyatakan lulus terpilih akan mengikuti pendidikan selama satu bulan di Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi.

“Untuk gelombang pertama pendidikannya akan dibuka tanggal 14 Oktober 2019 hingga 12 november 2019. Dan gelombang kedua tanggal 18 november 2019 hingga 17 desember 2019,” tutupnya.(dewi/adm)

Bagikan :