Peringati HUT KESAD Ke 74, Poskes 13.10.03LB Gelar Baksos Donor Darah

Bagikan :

LUWUK, BANGGAI, SULAWESI TENGAH, mediapatriot.co.id_Dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-74 Kesehatan TNI AD, Poliklinik Kesehatan (Polkes) 13.10.03 Luwuk Banggai menggandeng Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Banggai, menggelar bakti sosial (baksos) donor darah, Selasa (08/10), di Polkes 13.10.03LB, Kelurahan Bungin, Kecamatan Luwuk.

Kepala Polkes (Kapolkes) 13.10.03LB, Peltu Silwanus AP, mengungkapkan baksos yang digelar juga merupakan bentuk kepedulian TNI AD dan salah satu upaya untuk membantu masyarakat akan kebutuhan darah, serta membantu menambah persediaan darah di PMI yang sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Baksos ini sebagai bentuk kemanusiaan untuk berpartisipasi mendukung PMI dalam membantu sesama kita yang membutuhkan bantuan donor darah,” ungkapnya.

Kapolkes 13.10.03LB, Peltu Silwanus AP, bersama Kepala UTD PMI Banggai, dr. Rasminah G Mahmud

Lebih lanjut dikatakan, mengusung tema Dengan Prajurit Kesehatan Yang Unggul dan Profesional, Kita Wujudkan Kebesaran Dan Kemajuan KESAD, baksos bertujuan untuk membantu program pemerintah daerah dan masyarakat dalam memperdayakan serta meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat secara berkesinambungan

“Baksos yang baru pertama kali dilaksanakan Polkes 13.10.03LB ini diharapkan kedepannya akan terus berkelanjutan. Melalui baksos ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antara TNI, Polri, Pemda dan masyarakat. Serta mewujudkan Ketahanan Nasional yang kokoh dan kuat bagi keutuhan NKRI,” tuturnya.

Silwanus menambahkan sesuai intruksi, setiap Polkes AD ditargetkan mendapatkan 50 kanting darah pada gelaran baksos.

Pada baksos ini, lanjut Silwanus, peserta donor darah berjumlah 208 orang yang terdiri dari personil Kodim 1308/LB sebanyak 54 orang, personil Koramil 1308-01 12 orang, personil Kipan C Yonif 714/SM 25 orang, personil Pos TNI-AL Luwuk 4 orang, personil Kompi II B Satbrimobda Sulteng 15 orang, personil Tepbek XIII-44-02 Luwuk 8 orang, personil Subdenpom XIII/2-3 2 orang, personil Damkar Banggai 15 orang, karyawan Bank Mandiri 8 orang, mahasiswa FKM Untika Luwuk 25 orang, anggota GM FKPPI Banggai 10 orang, dan masyarakat umum 30 orang.

“Dengan peserta 208 orang, yang memenuhi syarat hanya 52 orang saja. Meskipun begitu target 50 kantong sesuai intruksi pusat bisa tercapai dengan antusias masyarakat bersama stakeholder,” tambahnya.

Untuk itu, Silwanus menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada para peserta donor darah.

“Setetes darah anda dapat menyelamatkan jiwa sesama. Dengan menyumbangkan darah berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkannya. Terima kasih yang setukus-tulusnya yang dengan penuh keikhlasan rela menyumbangkan darahnya demi menolong orang yang membutuhkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Dokter Faskes Tingkat I Poskes yang juga menjabat sebagai Kepala UTD PMI Banggai, dr. Rasminah G Mahmud, mengucapkan Dirgahayu KESAD ke-74.

Tak hanya itu, ia juga mengapresiasi baksos yang digelar dan berharap untuk selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan donor darah yang digelar Polkes 13.10.03LB.

“Kami sangat berterima kasih dengan digelarnya baksos ini. Dan untuk kedepannya kami sangat menharapkan untuk selalu dilibatkan dalam kegiatan donor darah. Sebab darah sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Banggai. Dirgahayu KESAD ke 74,” tandasnya.

Baksos turut dihadiri Kasdim 1308/LB, Mayor Inf Red Abner Patambo; BP Polkes 13.10.03 LB, Kapten (K) Ckm Ria Ferany; Danramil 1308-01/Luwuk, Kapten Inf Supartono; Pasi Ops Kodim 1308/LB, Kapten Inf Ardiansyah; anggota dan PNS Kodim 1308/LB dan Balakaju, Personil Polkes Kodim 1308/LB, Tim Medis UTD PMI Banggai, Persit KCK Cabang XXII Kodim 1308 dan Persit KCK Ranting Titipan, dan peserta donor darah yang terdiri dari TNI/ Polri, OPD, BUMN, mahasiswa, Ormas dan masyarakat.(dewi/adm)

Bagikan :