Diskusi Ilmiah Bulanan Walimanis, Wadir Intelkam Polda Sulteng Didaulat Jadi Narasumber

Bagikan :

PALU BARAT, PALU, SULAWESI TENGAH, mrdiapatriot.co.id_Wadir Intelkam Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng), AKBP Drs. Suliono, didaulat menjadi nara sumber pada Diskusi Ilmiah Bulanan Walimanis, mewakili Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, Rabu (09/10), di Aula IAIN Datokarama, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.

Dalam diskusi bulanan ini, Pengurus pusat Yayasan Walimanis dengan lembaga Pers Mahasiswa Qalamun IAIN Palu, mengusung tema “Radikalisme menyasar Perguruan Tinggi, seperti apa masa depan Indonesia di masa akan datang”.

Diskusi ilmiah ini menghadirkan Wadir Intelkam Polda Sulteng, AKBP Drs. Suliono; Wakil Rektor I IAIN, DR. Hi. Abidin Djafar; Dekan Fakultas Usludin IAIN, DR. Hi. Lukman S. Tahir, dan Ketua Prodi S3 Pendidikan Agama Islam, DR. Ali Hafiz, sebagai narasumber.

Dihadapan ratusan mahasiswa IAIN, Suliono, menegaskan bahwa tujuan kelompok radikal di Indonesia untuk menciptakan konflik antar sesama anak bangsa serta mengganti sistem demokrasi dan Pancasila dengan ideologi khilafah.

“Ciri-ciri orang yang terpapar dengan paham radikalisme bersifat intoleransi dan fanatik. Metode dan pola yang digunakan dalam penyebaran paham radikalisme melalui buku, website, media sosial, pengajian, diskusi dan perkawinan,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Polda Sulteng sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pihak perguruan tinggi dengan menggelar diskusi ilmiah tentang faham radikalisme.

“Melalui diskusi ini diharapkan dapat menjadi filter terhadap doktrin atau ajaran paham radikal yang akan masuk dikalangan kampus. Serta menjadi langkah dalam bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mengambil langkah-langkah pencegahan,” tutup mantan Kapolres Banggai Kepulauan ini.(dewi/adm)

Bagikan :