Terpapar Limbah B3, Dansektor 8 Pimpin Tim Pentahelix Sidak Tempat Pemilahan Sampah Liar.

Bagikan :

Kab Bandung, MPI. Pembenahan bantaran Citarum sektor 8 terus dilakukan Dansektor Koll Inf Belyuni Herliansyah beserta jajaran satgas Citarum subsektor Jelegong Kec Kutawaringin.

Ada beberapa lapak pengumpul sampah liar di bantaran Citarum, selain mengotori aliran sungai, juga diduga menjadi tempat pembuangan sampah plastik yang terpapar limbah B3.

Demikian disampaikan Dansektor 8 Kol Inf Belyuni saat memimpin tim yang terdiri dari satgas Citarum, Dinas LH Kab Bandung, Polsek Soreang, Satpol PP Kec Kutawaringin dan Badega Lingkungan. Selasa (8/10).

” Disini terdapat sekitar 6 lapak pengumpul sampah liar, dan mereka membakar sisa sampahnya tepat dipinggir sungai Citarum,” Ujar Dansektor 8.

” untuk itu, saya selaku Dansektor, membentuk tim Pentahelix yang terdiri dari Dinas LHK, Polsek Soreang, Satpol PP Kec Kutawaringin serta penggiat lingkungan,” Tutur Kol Inf Belyuni Herliansyah yang didampingi Dansubsektor Jelegong Serda Syafei dilokasi kegiatan.

Dalam sidaknya, Dansektor 8 beserta rombongan meninjau langsung tempat pemilahan sampah liar, termasuk melakukan pendataan kepemilikan lahan, karena menurut masyarakat, lahan yang berada di bantaran sungai Citarum itu merupakan lahan milik masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, Syarif Kesbangpol Kec Kutawaringin mengatakan bahwa informasi yang ada akan ditanyakan langsung kepada Kepada Desa nya terlebih dahulu.

” Nanti akan kami tanyakan Kadesnya dulu, bagaimana perihal kepemilikan lahan disini, yang jelas, sesuai dengan apa yang disampaikan Dansektor 8 bahwa dipinggir sungai Citarum tidak boleh ada aktifitas yang bisa mencemari sungai,” ucap Syarif.

” Tadi sudah disampaikan Dansektor, kita kasih waktu sampai 3 Minggu kedepan, apabila masih saja membandel, terpaksa kami tertibkan bersama,” Tegasnya.

Sementara itu Robby Dewantara dari DLH Kab Bandung menyayangkan adanya sampah yang terpapar limbah B3.

” Saya akan tindak lanjuti penemuan ini, untuk langkah awal saya akan laporkan ke DLH Provinsi Jabar, karena hasil.penemuan hari ini ternyata plastik ini berasal dari luar Kab Bandung,” Ungkap Robby.

” Ini sangat berbahaya, mereka membuang seenaknya sampah yang masih terpapar limbah B3, langkah kami akan disamakan dengan Satgas Citarum, kita akan tertibkan lokasi ini,” Tegasnya.

Sebelum.meninggalkan lokasi, Dansektor meminta kepada Subsektor Jelegong apabila nanti ada mobil truk pengangkut sampah yang ditenggarai terpapar limbah B3 untuk ditahan dahulu, selanjutnya diambil dokumentasi sebagai laporan.
(Rie).

Bagikan :