“Turun Ke Pasar Mingguan, Upaya Babinsa Ramil 10/Spj Serap Aspirasi Masyarakat Di Penghujung Kabupaten Aceh Timur”

Bagikan :

MPI, Aceh Timur-Babinsa Koramil 10/Simpang Jernih turun ke pasar mingguan Kecamatan Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur, untuk mengecek harga bahan pokok dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional, Rabu (09-10-2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui situasi dan kondisi keamanan di sekitar pasar serta memantau stabilitas harga sembako. Hal itu sampaikan oleh Kapten Inf Hamdani, yang menjabat sebagai Komandan Koramil 10/Spj.

”Tidak hanya soal keamanan, namun peran Babinsa juga wajib untuk mengikuti perkembangan stabilitas harga bahan pokok di pasar, ”ujarnya.

Sertu Mukhsin juga menambahkan, pada pelaksanaan monitoring atau pengecekan yang dilakukannya itu sebagai bentuk dan peran setiap personel TNI Angkatan Darat (TNI AD) dalam mengayomi masyarakat.

”Dengan turun ke pasar, tentunya dapat membuka komunikasi kita dengan pedagang serta pembeli. baik itu soal harga hingga kenyamanan saat belanja di pasar, ”tegasnya.

Didalam komunikasi dengan para pedagang dan pembeli yang ada di pasar, ia pun menyarankan kepada pedagang supaya tidak menaikkan harga secara drastis jika terjadi gejolak atau lonjakan harga.

Misalnya, kenaikan pada harga kebutuhan seperti cabai, bawang merah, daging sapi serta lainnya yang sering terjadi belakangan ini. “Kegiatan ini dalam rangka deteksi dini, agar harga tidak melonjak secara drastis dengan menjaga pasokan dari pasar-pasar induk demi terwujudnya ketahanan pangan nasional, ”katanya.

Tidak hanya itu, monitoring di pasar juga sebagai upaya untuk menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat terutama harga-harga bahan pokok. ”Kami juga meminta kepada pedagang, agar tidak menimbun sembako yang dapat menyebabkan keresahan bagi masyarakat, terlebih ini di daerah terisolir atau penghujung Kabupaten Aceh Timur”.

Terlepas dari hal itu, yang terpenting sebagai Babinsa Koramil 10/Spj adalah memantau situasi keamanan, ketertiban,dan kebersihan pasar. Sehingga masyarakat dan pedagang merasa aman, serta nyaman di saat bertransaksi jual beli di pasar, “tandasnya

(Redaksi)

Editor:Pairin

Bagikan :