Sosialisasi Lanjutan Citarum : Dansektor 7 Ajak Warga Marsel Kelola Sampah Rumah Tangga.

Bagikan :

Kab Bandung, MPI. Sampah menjadi topik bahasan Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi saat melaksanakan sosialisasi lanjutan Citarum Harum di Aula Balai Desa Margahayu Selatan Kec Margahayu, Sabtu (12/10).

Acara yang dihadiri oleh Danramil 0926 Margahayu Kapten Inf Heri Supardan serta PLT Kepala Desa Margahayu selatan Farhan Taufik Akbar ini menekankan pentingnya warga memilah sampah sebelum dibuang.

Kita malu sebagai warga Jawa Barat melihat sungai Citarum yang merupakan sungai kebanggaan dan salah satu Aset Jabar dinobatkan sebagai sungai paling kotor di dunia.

Hal itu disampaikan Dansektor 7, dihadapan 100 orang warga yang menjadi peserta sosialisasi lanjutan tentang Citarum.

” Kenapa soal Citarum masih terus disosialisasikan, karena masih banyak warga yang belum menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar, belum menyadari bagaimana dampak dari sampah selama ini dibuang ke sungai Citarum,” Tutur Kolonel Kav Purwadi.

” Disektor 7 yang terdiri dari 14 Desa binaan, baru 2 Desa yang sudah melaksanakan program pemilahan sampah yang dimulai dari rumah tangga, dan itu sudah bisa menjadi nilai tambah perekonomian,” Ucap Dansektor 7.

Menurutnya, saat ini kondisi Citarum sudah sangat kritis, banyak sampah dipermukaan sungai juga yang bercampur dengan sedimennya, apalagi dulu di sekitar bantaran Citarum banyak sekali TPS liar.

” Pemerintah pusat menilai bahwa kondisi Citarum sudah sangat parah, banyak Program yang digulirkan tapi belum mencapai hasil yang diinginkan, padahal dana sudah sangat besar digelontorkan,” Ujarnya.

” Maka dari itu, TNI diturunkan untuk memulihkan kondisi yang ada, tiga bulan kemudian, sampah yang banyak menumpuk di bantaran sudah hilang,” Ungkapnya.

Masih menurut Dansektor 7, Program untuk pemulihan Citarum ini sudah beberapa kali digulirkan tapi kurang berhasil padahal sudah menghabiskan anggaran besar.

Pada Program Program Citarum Harum, TNI melibatkan berbagai unsur, terutama masyarakat yang tinggal disekitar Citarum maupun anak sungai nya.

” Jadi dalam hal ini, saya mengajak secara langsung kepada para peserta sosialisasi untuk mulai melakukan pemilahan sampah di rumah masing masing sebelum dibuang, kabarkan kondisi Citarum pada keluarga, kerabat juga warga dilingkungan tempat tinggal, mari kita jaga bersama sungai Citarum yang menjadi sumber kehidupan orang banyak,” Ajak Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi kepada peserta sosialisasi.

Pada kesempatan itu, Dansektor 7 berkenan memberikan secara langsung alat kontak kepada warga yang menjadi peserta sosialisasi, yang dilanjutkan dengan melakukan foto bersama.
(Rie).

Bagikan :