oleh

Teater Garasi Raih Penghargaan Ibsen Scholarship 2019

Bekraf, Jakarta-Teater Garasi melalui proyek Multitude of Peer Gynts (MPG) mendapat penghargaan Ibsen Scholarship 2019 dari Ibsen Awards, Norwegia. MPG menjadi pememang bersama dengan empat karya lain dari empat negara, yakni lndla, Perancis, Cina, dan Lebanon. Oleh karena itu, perwakilan Teater Garasi akan berangkat ke Skien, Norwegia untuk menerima penghargaan pada 23 Oktober 2019.

MPG merupakan proyek kolaborasi internasional yang dirintis, diproduksi, dan dipimpin oleh kelompok seniman dari Indonesia, dengan melibatkan seniman-senlman Asia (Jepang, Sri Lanka, dan Vietnam) sebagai kolaborator. Sejumlah seniman ternama yang terlibat dalam proyek tersebut adalah Takao Kawaguchi, Micari, dan Yasuhiro Morlnaga dari Jepang; Venuri Parera dari Sri Lanka; serta Nguyen Manh Hung dari Vietnam. Sedangkan seniman Indonesia yang terlibat adalah Gunawan Maryanto, Arsita lswardhani, MN Qomaruddin, dan lgnatius Sugiarto dari Teater Garasi.

MPG dirintis oleh Yudi Ahmad Yajudin (Sutradara) dan Ugoran Prasad (Dramaturg). Bertindak sebagai Produser Eksekutif adalah Rama Thaharani, produser seni budaya yang berfokus pada kerja sama internasional. Sedangkan Shizuoka Performing Arts Center (SPAC), Jepang bertindak sebagai Co-producer. ”Pertunjukan ini menggunakan lakon Peer Gynt karya Henrik Ibsen sebagai kerangka dramaturgi untuk membuat pertunjukan tentang isu kesalingterhubungan dunia terkini dan konflik-konflik baru yang diakibatkannya (rasa takut dan kecemasan baru),” ungkap Yudi saat Press Gartering di Co-working Space Bekraf, Gedung Kementerian BUMN lantai 15, pada Senin

(14/10/2019). Setelah proses panjang selama dua tahun, dari riset hingga workshop kolaboratif, mencakup perjalanan ke berbagai kota dan negara, karya pertunjukan yang dihasilkan dalam proyek MPG akan dipentaskan secara perdana pada 5-19 November di Shizuoka Arts Theater.

Bekraf memberi dukungan sejak proses riset hingga pengembangan produksi MPG melalui fasilitasi travel grant untuk keberangkatan seniman Indonesia ke Colombo, Sri Lanka (2018) dan Tokyo, Jepang (2019). Sejak 2016, Bekraf telah memberikan bantuan travel grant kepada sejumlah pelaku kreatif untuk tampil dan terlibat dalam ajang internasional. Total fasilitasi travel grant telah diberikan kepada 109 penerima hingga September 2019.

Deputi Hubungan Antarlembaga dan Wilayah Bekraf Endah Wahyu Sulistianti menjelaskan travel grant diberikan kepada pelaku kreatif baik perorangan, organisasi/komunitas, satuan

pendidikan, lembaga, maupun pemerintah daerah (pemda). Program ini didukung melalui layanan terpadu Satu Pintu yang dapat diakses dengan mengajukan proposal ke www.satupintu.bekraf.go.id.

”Pelaku kreatif sebagai ujung tombak ekonomi Indonesia perlu didukung untuk meningkatkan kapasitas, terutama dalam 3 hal, yakni memperluas wawasan terhadap perkembangan industri kreatif luar negeri, meningkatkan kemampuan sehingga mampu setara dengan pelaku kreatif luar negeri, serta memperluas dan memperkuat jejaring internasional dan peluang kerja sama investasi. Oleh karena itu, travel grant sangat penting,” jelas Endah.

Sementara itu, subsektor seni pertunjukan Tanah Air terus mengalami perkembangan positif. Pada 2015, subsektor ini memberi sumbangan Rp2,2 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dengan laju pertumbuhan 6,03%. Selain itu, subsektor ini juga menyerap tenaga kerja 1,06% dari total pekerja kreatif.

Tentang Bekraf Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang bertanggungjawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini, Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf.

Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi & video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisidan radio.

Ekonomi kreatif memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional karena mampu menyumbang Pendapatan Dometik Bruto (PDB) hingga Rp922 triliun pada 2016. Angka ini diprediksi terus naik setiap tahunnya sekitar 10% sehingga pada 2018 diprediksi mencapai Rp1.105 triliun.

Bagikan :

Berita Kegiatan Presiden Ir. Joko Widodo di MPI, kunjungan kerja, peresmian dan lain lain KLIK DISINI
Kegiatan Panglima TNI ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Kegiatan Kapolri ketika dilantik Presiden, kunjungan kerja, peresmian dan lainnya KLIK DISINI
Cara Cepat Cari Berita Ketik di Bawah Ini:

Ada Iklan Lowongan Pekerjaan, Lowongan Wartawan, Iklan Jual Mobil, Motor dan lain lain baca sekarang di IKLAN BARIS >>

Bagaimana Wajah Kinclong Daus Mini Menjelang Peernikahan ke Tiga Artis6.COM >>


News Feed